Kado HUT Ke-62 NTB, Gedung Enam Lantai Kantor Pusat Bank NTB Syariah Mulai Dibangun

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah melakukan peletakan batu pertama gedung lantai enam Bank NTB Syariah. 

Mataram (Suara NTB) – Bank NTB Syariah memberikan kado spesial HUT NTB ke – 62 tahun 2020. Kado special itu adalah gedung kantor pusat enam lantai Bank Pembangunan Daerah (BPD) NTB mulai dibangun.

Peletakan batu pertama dilakukan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, sebagai rangkaian puncak HUT NTB, 17 Desember 20120 bersama Ketua DPRD NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaeda dan Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh mewakili pemegang saham. Peletakan batu pertama disaksikan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi NTB, Farid Faletehan, Deputy Kepala BI NTB, Sarwoto, dari DPRD Kota Mataram dan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Sarwani.

H. Kukuh Raharjo

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyampaikan selamat dan terima kasih, atas kinerja Bank NTB Syariah yang menurutnya luar biasa. Dengan kantor pusat baru yang mulai dibangun, diharapkan kinerja Bank NTB Syariah terus menggembirakan.

‘’Semoga dengan kantor baru, semangat baru, kinerja Bank NTB Syariah bisa menjadi contoh bagi bank di seluruh Indonesia,’’ harap gubernur.

Direktur Utama Bank NTB Syariah, H. Kukuh Raharjo menyebutkan, sejak dimulainya pembangunan, target beroperasinya juga akan menjadi hadiah ulang tahun ke 63 NTB, tanggal 17 Desember 2021 nanti.

Lokasi kantor pusat Bank NTB Syariah ini terletak di pusat Kota Mataram, Jalan Udayana, Kota Mataram. Lokasi ini memiliki posisi yang strategis berbatasan langsung dengan Kantor DPRD Provinsi NTB di sebelah utara dan Islamic Center di sebelah selatan. Di kawasan itu juga ada beberapa kantor pemerintahan.

Dirancang menggunakan dua konsep. Pertama adalah konsep adaptif. Yaitu menyesuaikan kebudayaan lokal dan kondisi alam yang ada. Konsep kedua, yaitu inovatif, menggunakan teknologi dan material bangunan yang berkualitas dengan mempertimbangkan lima pendekatan yang disebut The Five Stars, yaitu pendekatan secara fungsi, bentuk (estetika), teknik, keamanan dan kenyamanan.

Gambar Gedung Bank NTB Syariah

Gedung utama terdiri dari 5 lantai dan 1 lantai basement dengan pembagian dan pengaturan fungsi yaitu, lantai I difungsikan sebagai Kantor Cabang Islamic Center Bank NTB Syariah. Dinamakan Islamic Center karena lokasinya bersebelahan dengan Masjid Hubbul Wathan yang menjadi ikon NTB.

Lantai II difungsikan sebagai ruang ballroom kapasitas 150 peserta, mushola kapasitas 70 jamaah. Ruang rapat kapasitas 10-12 peserta dan ruang kebugaran (gym). Lantai III difungsikan sebagai ruang kerja manajemen, Dewan Pengawas Syariah dan ruang corporate secretary, serta dilengkapi dengan satu ruang rapat besar kapasitas 40 peserta dan 6 ruang rapat sedang kapasitas 10-12 peserta.

Lantai IV difungsikan sebagai ruang divisi dan staf, dilengkapi dengan ruang co-working space berkapasitas 15-20 peserta.

Lantai rofftop difungsikan sebagai ruang taman dan tempat pertemuan bernuansa terbuka. Dan lantai basement difungsikan sebagai area parkir executive, kafetaria, tempat penyimpanan, syariah mart, musholla dan ruang kerja Koperasi “Mutiara Amanah”.

Diharapkan dengan konsep ini, Bank NTB Syariah dapat terus tumbuh dan berkembang untuk mencapai visi Bank NTB Syariah menjadi Bank Umum Syariah yang amanah, tekemuka dan pilihan masyarakat.

‘’Satu yang lagi kita pikirkan soal teknologi. Setelah gedung ini jadi, kami siapkan kantor pusat yang ada di Pejanggik kami siapkan untuk bangun corporate technologi university dan technologi center,’’ demikian Kukuh.(bul)