Kadis Dikpora Ingatkan Kanit Kuasai Persoalan Pendidikan

Selong (Suara NTB) – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Lalu Suandi mengingatkan kepada semua Kepala Unit (Kanit) di 20 kecamatan di Lotim untuk mampu menguasai semua persoalan pendidikan. Dengan begitu, apa yang menjadi tujuan utama dunia pendidikan akan bisa tercapai dengan hasil yang baik.

“Kanit harus menguatkan dirinya sebagai lembaga dinas yang ada di kecamatan untuk menguasai dunia pendidikan di tingkatan kecamatan. Termasuk masalah pendidikan yang bisa diselesaikan harus diselesaikan di tingkat kecamatan,” jelasnya di hadapan puluhan guru, pengawas dan Kanit di Aula Kantor Unit Dikpora Kecamatan Selong, Rabu 13 Juli 2016.

Iklan

Dengan dikuasainya setiap persoalan pendidikan oleh Kanit selaku pimpinan tertinggi dunia pendidikan di tingkat kecamatan, mantan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishukominfo) Lotim ini mengaku optimis jika kedepannya dunia pendidikan Lotim akan lebih baik. Tentunya hal ini diperkuat dengan terjalinnya koordinasi antar semua pihak terkait.

Misalkan, urainya, masalah antara guru dan siswa ketika ada masalah harus bisa diselesaikan di tingkat kecamatan tanpa harus dilempar ke kabupaten. Kalau semakin banyak masalah dilemparkan ke kabupaten, tentu kinerja dari Kanit yang bersangkutan perlu dipertanyakan.

Selain itu, sambungnya, Kanit yang memiliki tanggung jawab pendidikan di tingkat kecamatan harus bisa berinovasi dan berkoordinasi dengan lingkupnya seperti bersama pengawas baik tingkat SD/SMP dan seterusnya karena merakalah yang paling dekat dan mengetahui setiap persoalan yang terjadi dalam dunia pendidikan khususnya di tingkat kecamatan selain dari dinas dan pemerintah yang ada di atasnya.

Dengan adanya koordinasi itu, lanjut Suandi, maka tujuan utama pengelolaan pendidikan di Lotim, yakni bagaimana satuan pendidikan dapat melakukan Proses Belajar Mengajar (PBM) yang baik dan mendapatkan hasil yang baik akan bisa terwujud baik dalam proses maupun hasilnya. Adapun, untuk menjamin PBM itu bisa berjalan dengan baik, katanya, maka harus ada penunjang seperti gedung sekolah dan saranan prasarana.

“Memang penunjang inilah yang harus dicukupkan. Namun itu tetap bukan tujuan utama,” ungkapnya.

Sementara, Kanit Dikpora Kecamatan Selong, Muhir, S.Pd menyebut, tujuan dilakukan pertemuan itu untuk memberikan pemahaman terhadap satuan pendidikan khususnya yang berada di dalam kota Selong dengan melibatkan, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), pengelola PAUD/TK serta sejumlah pihak terkait lainnya,” paparnya. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here