Kadin Kunjungi ITDC

Rombongan Kadin NTB, diketuai H. Faurani mengunjungi ITDC membahas pembangunan KEK Mandalika dan persiapan pelaksanaan MotoGP. (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi NTB melakukan kunjungan ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, dan menemui manajemen Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola. Kedatangan rombongan para pengusaha dari berbagai entitas bisnis ini, untuk meninjau perkembangan pembangunan KEK Mandalika dan memastikan kesiapan pelaksanaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan MotoGP 2021 mendatang.

Kadin nampaknya tak ingin melewatkan memontum pembangunan KEK Mandalika begitu saja. SDM lokal diharapkan bisa lebih banyak berkiprah agar megaproyek pariwisata ini tak hanya menjadi tontonan belaka. Keberadaan KEK Mandalika ini sangat diharapkan kebermanfaatannya bagi SDM dan masyarakat lokal NTB.

Iklan

Kunjungan dipimpin langsung oleh Ketua Kadin Provinsi NTB, H. Faurani, SE, MBA. Membawa struktur pengurus lengkap. Ditemui langsung oleh manajemen ITDC. H. Faurani kepada Suara NTB di Mataram, Jumat, 4 September 2020 mengatakan, dengan sisa waktu yang singkat pelaksanaan MotoGP pada Oktober 2021 mendatang, setidaknya Kadin ingin berperan mendukung suksesi kegiatan balap motor bergengsi di muka bumi ini. “Paling tidak, Kadin bisa masuk di mana yang bisa kita masuk. Alhamdulillah, kita disambut baik oleh teman-teman ITDC,” ujarnya.

Kadin memiliki kepentingan pada KEK Mandalika. Kepentingannya adalah dalam rangka menyiapkan SDM lokal, membina para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal lebih siap tampil mengambil momentum. “Untuk UMKM, kita sedikit stressing di sana. Jangan sampai teman-teman UMKM kita tidak siap dengan keberadaan KEK Mandalika dan MotoGP,” ujarnya.

H. Faurani juga menyampaikan formasi lengkap Kadin saat melakukan kunjungan ke ITDC. Salah satunya membawa Wakil Ketua Bidang Konstruksi, dan Wakil Ketua Bidang UMKM. Untuk konstruksi, para kontraktor lokal mengharapkan bisa ikut berkontribusi menjadi bagian dari pembangunan fisik yang ada di KEK Mandalika.

Dalam kesempatan tersebut, Kadin mendapatkan informasi lengkap tentang mekanisme lelang hingga pelaksanaan proyek. ITDC memberikan kesempatan terbuka kepada siapapun, baik kontraktor lokal, nasional, bahkan internasional.

“Memang tidak bisa sepenuhnya masuk kontraktor lokal. Tapi sudah ada kontraktor lokal kita yang ikut dalam pembangunan rumah sakit di KEK Mandalika,” imbuhnya. Selain itu, H. Faurani menyampaikan soal potensi kedatangan tamu-tamu dari berbagai negara pada event MotoGP tahun depan. Tidak sedikit menurutnya kebutuhan yang harus dipersiapkan. Contoh kecil saja, untuk kebutuhan souvenir dan makanan. UMKM lokal diharapkan menjadi pemegang peranan penting.

“Kita juga tanyakan, dari sisi mana UMKM-UMKM kita bisa masuk. dan kita persiapkan UMKM kita dari sekarang agar tak tertinggal menyiapkan kebutuhan saat sekian banyak orang datang nantinya,” kata H. Faurani. Intinya, kedatangan Kadin menemui ITDC adalah untuk memberikan support, saling mendukung agar KEK Mandalika ini sukses menjadi motor penggerak pembangunan, khususnya bagi NTB. (bul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here