KADIN Gandeng P3ML NTB, Pasarkan Mutiara Lombok di Tiga Negara

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Pemberdayaan Perempuan, Tri Hanurita (dua dari kanan) menandatangani kerja sama dengan Ketua P3ML NTB, Hj. Baiq. Diyah Ratu Ganefi (paling kanan) dan brand fashion Handep dari Kalimantan Tengah, dan produk kain tenun dari Pesona Alam Lombok.

Mataram (Suara NTB) – Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Indonesia menggandeng tiga perkumpulan UMKM di Indonesia, salah satunya Perkumpulan Perempuan Pengrajin Mutiara (P3ML) NTB untuk pemberdayaan dan pemasaran produk unggulan Indonesia di tiga negara.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Pemberdayaan Perempuan, Tri Hanurita telah menandatangani kerja sama dengan Ketua P3ML NTB, Hj. Baiq. Diyah Ratu Ganefi di Jakarta. Penandatangan kerja sama oleh KADIN Indonesia ini juga dilaksanakan dengan brand fashion Handep dari Kalimantan Tengah, dan produk kain tenun dari Pesona Alam Lombok.

Iklan

Kerja sama ini, kata Tri Hanurita dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan lebih lanjut agar produk-produk unggulan ini dengan mudah mengakses pasar dalam negeri dan internasional. Terpilihnya tiga perkumpulan UMKM ini, juga merupakan hasil rekomendasi dari Ketua Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono. Terlebih ketiganya sudah pernah tampil di ajang bergengsi seperti Indonesia Fashion Week.

Tri mengatakan, rencananya pihaknya akan kembali membangun Rumah Indonesia pada tahun 2022 mendatang sebagai wadah untuk menampung dan memasarkan produk-produk hasil pemberdayaan tersebut ke pasar yang lebih luas.

KADIN Indonesia juga akan membawa hasil produk UMKM itu ke kancah internasional. Melalui program kerja yaitu Kadin House (Rumah KADIN). Rencananya akan didirikan di tiga negara. Pertama di Sydney untuk pasar Asia Pasific. Kedua di Dubai untuk pasar negara Arab dan Afrika. Dan ketiga di Swiss untuk pasar Eropa. Produk-produk dari ketiga perkumpulan yang menjadi mitra KADIN Indonesia ini nantinya akan melekat di KADIN House yang ada di luar negeri.

Ketua P3ML NTB, Hj. Baiq. Diyah Ratu Ganefi, SH dihubungi dari Mataram, Selasa, 5 Oktober 2021 mengatakan, tentu menjadi kebanggaan KADIN Indonesia memilih produk Lombok, salah satunya mutiara untuk dipasarkan di mancanegara.

“Sekembali ke Mataram, tentu saya juga akan lapor kepada bapak gubernur, Bang Zul dan ibu wakil gubernur, Dr. Hj. Rohmi dalam rangka persiapan,” ujarnya.

Selain itu, Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi NTB ini juga akan berkoordinasi dengan stakeholders terkait untuk menyediakan, jika sewaktu-waktu masuk permintaan dari pembeli atau buyer di negara-negara tempat dipromosikannya produk-produk NTB ini. (bul)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional