Kades Timu : Sekdes Tidak Dilantik, Tidak Ada Masalah

Bima (Suara NTB) – Kepala Desa (Kades) Timu Kecamatan Bolo, Arsyad mengaku, tidak ada masalah mengenai, Sekretaris Desa (Sekdes) Silahturahman, yang belum dilantik secara resmi oleh dirinya, hingga saat ini.

“Tidak masalah, saya sudah keluarkan Surat Keputusan (SK),” kata Arsyad menjawab Suara NTB, Jumat, 14 Juli 2017.

Iklan

Bahkan, sebelum mengeluarkan SK tersebut, meski tanpa melantik. Arsyad mengaku terlebih dahulu dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri. Bupati pun merespon dengan baik.

“Intinya tidak ada masalah. Soal ini juga saya laporkan kepada Bupati,” katanya.

Arsyad mengaku, sejak menerima SK. Yang bersangkutan masuk kantor, dan menjalani aktivitas sebagai Sekdes. Bahkan kerap mewakili dirinya untuk menghadiri undangan atau kegiatan formal dan informal.

Meski demikian, Kades tidak menjelaskan, saat ditanyakan mengapa tidak melantik resmi dan hanya memberikan SK. Karena proses tersebut berbeda dengan Sekdes yang lain, yang semuanya dilantik dengan resmi oleh Kades.

“Pelantikan hanya kegiatan seremonial, tidak bersifat administrasi. Lagipula jika ada yang keberatan, silahkan dilaporkan dan diselesaikan ke ranah hukum,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejak lolos seleksi penjaringan perangkat desa serentak, Sekdes belum lama ini, hampir seluruhnya dilantik. Tapi berbeda dengan Sekdes Desa Timu Kecamatan Bolo, Silahturahman, hingga kini belum juga dilantik oleh Kepala Desa (Kades), Arsyad.

Silahturahman mengaku bingung atas sikap Kades itu. Sementara pada sisi lain, dirinya didesak oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Bima, agar menyerahkan Berita Acara Proses (BAP) pelantikan.

“Pertanyaannya bagaimana bisa menyerahkan BAP pelantikan, sementara saya belum dilantik. Saya kan hanya diberikan SK oleh Kades,” ujarnya kepada Suara NTB akhir pekan kemarin.

Menurutnya, dokumen BAP tersebut penting untuk diserahkan. Karena merupakan salahsatu dokumen, sebagai syarat pencairan gaji bulan ini. Selain SK penetapan Sekdes, KTP aktif dan akta kelahiran. “Dokumen yang lain semuanya sudah lengkap, hanya BAP pelantikan saja yang masih kurang,” katanya. (uki)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional