Kades Diminta Kelola Dana Desa Sesuai Ketentuan

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Dana desa dikucurkan untuk meningkatkan pembangunan di desa. Hajatnya untuk mensejahterakan masyarakat di desa tersebut. Untuk itu kepala desa (Kades) diminta dapat mengelola dana desa sesuai dengan ketentuan yang ada.

Kepala BPMPD Kabupaten Sumbawa, Dr. Ikhsan Safitri menyampaikan kepala desa wajib mengelola dana desa dengan sebaik-baiknya secara transparan, akuntabel dan partisipatif. Dalam hal ini tidak ada dana desa yang sifatnya rahasia. Semua harus bisa diakses oleh publik. Kontrol partisipatif dan pengawasan masyarakat juga penting dalam hal tersebut. Sehingga dana yang dihajatkan untuk kesejahteraan masyarakat di desa bisa tercapai.

Iklan

“Kami berharap hajat ini hendaknya dapat dilaksanakan oleh seluruh kepala desa. Karena tujuannya  untuk menggeliatkan, mempecepat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kalau ini disadari maka pengelolaannya hendaknya dapat secara amanah. Dalam artian dilaksanakan sesuai dengan kaidah, norma, dan aturan yang sudah ditentukan. Sehingga pengawasan dari pihak manapun dapat dipertanggung jawabkan,” ujarnya kepada Suara NTB, Kamis (1/12).

Disamping itu, pihaknya selaku instansi yang bertanggung jawab dan leading sector yang berkaitan dengan desa juga mempunyai program rutin melakukan pembinaan ke desa-desa. Termasuk yang sifatnya insidentil, mana yang sifatnya prioritas. Misalnya ada keluhan masyarakat kaitan penggunaan dana desa yang diduga tidak sesuai, pihaknya akan turun melakukan pembinaan kontrol dan lainnya.

“Ada beberapa desa yang katanya penggunaannya ada yang tidak sesuai. Silahkan saja, itu tugas masyarakat melakukan kontrol. Itu yang dilakukan cek and ricek oleh instansi yang bertanggungjawab. Dalam hal ini Inspektorat yang turun. Hasil-hasil dari Inspektorat itu biasanya dikoordinasikan dengan kami yang menangani desa untuk mencari solusi pembinaan dan sebagainya,” tandasnya.
(ind)

  Kejari Lombok Tengah Susun Strategi Baru Ungkap Kasus Bantuan Alsintan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here