Beranda Kabupaten Bima Hanya Dua Desa Wisata di Bima Penuhi Persyaratan

Hanya Dua Desa Wisata di Bima Penuhi Persyaratan

Ilustrasi Profil Desa Wisata (Suara NTB/ist)

Bima (Suara NTB) – Dari 10 Desa di Kabupaten Bima yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB sebagai Desa Wisata, ternyata hanya ada dua Desa yang memenuhi persyaratan, yakni Desa Kawinda To’i KecamatanTambora dan Maria Kecamatan Wawo.

Hal itu disampaikan Analisis Obyek Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bima, Nurhandayani. Kata dia, 10 desa wisata yang ditetapkan tidak semuanya memenuhi persyaratan mendapatkan bantuan dari Pemprov. “Dari 10 desa yang ditetapkan hanya ada dua yang penuhi persyaratan,” katanya.

Selain memiliki obyek wisata yang potensial untuk dikembangkan. Dua desa wisata itu lanjutnya memenuhi persyaratan, yakni data kunjungan wisatawan yang meningkat serta tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam hal pengembangan pariwisata.

“Ini indikator penilaiannya. Kemungkinan dua desa ini akan diberikan bantuan untuk mengembangkan pariwisata,” ujarnya.

Sementara Kepala Dispar Kabupaten Bima, Drs. Dahlan mengakui hal yang sama. Dahlan mengaku ada dua desa yang memenuhi persyaratan dari 10 Desa wisata yang ditetapkan di Kabupaten Bima. Meski begitu, pihaknya juga telah menetapkan 35 Desa Wisata.

“Selain ada 10 desa yang ditetapkan Pemprov dan hanya dua yang memenuhi persyaratan, kita sendiri juga tetapkan  35 desa wisata. Sehingga totalnya ada 45 Desa wisata di Kabupaten Bima,” ujarnya.

Menurutnya petapan Desa-desa wisata itu untuk dikembangkan secara berskala. Mengingat masing-masing desa memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri. Seperti sejarah, budaya dan kuliner. “Destinasi wisata tidak hanya soal pantai dan alam. Tapi ada kuliner,  budaya dan sejarah,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pemprov NTB telah menetapkan 99 Lokasi Desa Wisata di Provinsi NTB tahun 2019-2024. Dari 99 desa itu, di Kabupaten Bima yang ditetapkan 10 dari 191 Desa.

  Konflik di Bima, Ini Rekomendasi Kompolnas kepada Polda NTB

10 Desa tersebut antara lain Kawinda To’I, Oi Panihi dan Labuhan Kananga Kecamatan Tambora. Kemudian Desa Piong Kecamatan Sanggar, Sambori Kecamatan Lambitu,  Maria Kecamatan Wawo. Desa Soro Kecamatan Lambu, Risa Kecamatan Woha, Panda Kecamatan Palibelo dan Desa Tolotangga Kecamatan Monta. (uki)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here