Kasus OTT Pungli, Pejabat Dinas Dikbupora Bima Tersangka

Kaporles Bima, AKBP. Bagus Satriyo Wibowo (Suara NTB/Uki)

Bima (Suara NTB) – Jajaran Mapolres Bima terus mendalami kasus Operasi Tangkap Tangkap (OTT) pungutan liar try out tahun 2018. Dalam kasus tersebut, Penyidik Mapolres setempat telah menetapkan satu tersangka berinisial JB.

Oknum JB merupakan pejabat teras Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Bima. Ia diduga memerintahkan UPT untuk menarik biaya try out. Kasusnya terbongkar saat OTT di kantor UPT Dikbudpora Kecamatan Bolo tahun 2018.

Dari OTT, tersebut Tim Saber Pungli berhasil mengamankan salahseorang ASN yang merupakan staf UPTD Kecamatan Bolo inisial Fw. Serta menyita uang tunai kurang lebih kurang lebih Rp1 Juta.

Namun setelah dikembangkan uang yang berhasil disita keseluruhanya sebanyak Rp42 juta. Uang tersebut diduga hasil dikumpulkan dari sekolah yang akan melaksanakan ujian try out.

“Kasus OTT pungli masih terus didalami dan kita lanjutkan, kan sudah ada tersangkanya,” kata Kaporles

Bima, AKBP. Bagus Satriyo Wibowo S.IK, Selasa,  9 April 2019.

Bagus mengungkapkan sejauh ini oknum JB masih sebagai tersangka tunggal. Hanya saja, tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain, karena masalah korupsi tidak mungkin hanya satu orang. “Mungkin saja nanti ada tersangka lain, makanya kasusnya kita dalami,” katanya.

Meski saat ini hanya fokus terhadap satu tersangka yang sudah ditetapkan, Ia menegaskan dalam kasus OTT tersebut tersebut tidak tunggal, karena proses penyelidikan masihb berjalan. “Dalam perkara ini (OTT pungli.red) tidak bisa kita katakan tersangkanya tunggal,” katanya.

Bagus menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan menjadwalkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap tersangka, JB. Pemeriksaan tersebut merupakan kali pertama sejak ditetapkan sebagai tersangka. “Selain JB ada pihak-pihak lainya juga yang akan dipanggil untuk mendalami kasus ini,” pungkasnya. (uki)