Bima Banjir Lagi, 4 Rumah Rusak, 1 Jembatan Terputus

Bima (Suara NTB) – Kabupaten Bima kembali dilanda musibah banjir pada Kamis, 15 Februari 2018 sore. Kali ini, musibah banjir terjadi di Desa Kananta Kecamatan Soromandi dan Desa Karumbu Kecamatan Langgudu.

Sedikitnya empat unit rumah warga rusak ringan terkena dampak serta satu unit jembatan jalan terputus.

Kepala Badan Penanggulanggan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Taufik Rusdy ST, membenarkan musibah itu. Kata dia, musibah banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah setempat, sejak pukul 12.00 wita hingga pukul 18.00 wita.

Dikatakannya, banjir tersebut  mengakibatkan beberapa unit rumah warga rusak ringan. Selain itu satu unit jembatan di Desa Kananta Kecamatan Soromandi sebagai penghubung dua desa, yakni Sai dan Soromandi terputus.

“Untuk jumlah pastinya belum kita ketahui, karena masih dilakukan pendataan di lapangan,” katanya.

Meski demikian, berdasarkan laporan awal yang diterima dari anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, banjir tersebut merusak empat unit rumah warga di Desa Karumbu akibat terendam arus banjir sungai. Serta merendam lahan pertanian warga yang ditanami tanaman padi, mencapai sekitar belasan hektar di Kecamatan Soromandi.

“Masih didata korban yang terdampak. Yang jelas tidak ada yang mengungsi. Kondisi terakhirnya, banjir juga sudah surut,” katanya.

Sementara Warga Desa Kananta, Baharuddin, S.Pd mengaku, akibat jembatan terputus akses warga yang menuju ke Desa Sai dan Sampungu terganggu. Kata dia, alternatifnya ntuk sementara hanya melalui jalur laut, menggunakan boat penumpang.

“Jembatan ini satu-satunya akses warga yang menuju Desa Sai dan Sampungu,” pungkasnya. (uki)