Bupati Bima Isyaratkan Mutasi dan Rotasi Kepsek

Bupati Bima, Hj.  Indah Dhamayanti Putri (Suara NTB/uki)

Bima (Suara NTB) – Setelah melantik 71 pejabat struktural eselon III dan IV ruang lingkup pemerintah Kabupaten Bima belum lama ini, Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri mengisyaratkan akan menggelar rotasi dan mutasi khusus Kepala Sekolah (Kepsek).

“Dalam waktu dekat, kita akan menggelar rotasi dan mutasi sesuai kebutuhan organisasi. Pengisian jabatan kepala sekolah SMP dan SDN,” katanya, Jumat,  21 September 2018.

Orang pertama di Pemerintah Kabupaten Bima ini berharap ada sejumlah Kepsek yang nantinya dirotasi hingga kena mutasi agar tidak berkecil hati. Tetap menerima legowo apapun jabatan yang akan ditempatkan. “Jabatan juga bukanlah sebuah warisan,” katanya.

Tidak hanya itu, Kepsek yang dilantik agar tidak merencanakan sendiri program-program kerja yang akan dijalankan di sekolah. Diharapkan tetap melibatkan para guru serta pihaknya terkait lainnya. “Kepsek juga jangan arogan. Merasa diri sebagai raja kecil ditingkat sekolah. Tetap tingkatkan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan jajaran Guru serta sekolah lain,” ujarnya.

Diharapkan para Kepsek bisa menjadi pilar utama. Actor penting dalam menciptakan suasana dan aktivitas sekolah yang sejuk. Nyaman untuk kegiatan proses belajar mengajar. “Tidak membesarkan masalah sepele yang seharusnya bisa diselesaikan di sekolah,” katanya.

Selain itu, Bupati menambahkan, Kepsek dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan baik sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. Misalnya dalam penyaluran bantuan atau beasiswa untuk siswa yang bersumber dari Pemerintah. “Ikuti saja aturan mainnya. Karena semuanya sudah ada regulasi dan petunjuknya,” pungkasnya. (uki)