Pantai Pink di Bima, Pesona Baru Wisata NTB

Mataram (Suara NTB) – Selama ini tidak sedikit wisatawan yang berasal dari luar daerah bahkan luar negeri berkunjung ke Pantai Pink Lombok atau biasa disebut sebagai Pantai Tangsi. Namun tidak disangka, ternyata di Kabupaten Bima juga terdapat pantai yang juga memiliki pasir berwarna pink.

Destinasi ini, kini mulai dipromosikan oleh Pemda Kabupaten Bima untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan selain Pantai Lariti.

“Ke Bima tanpa ke Pantai Pink itu rugi. Bahkan di Pantai Pink yang ada di Bima itu landscape –nya  lebih bagus dibandingkan pantai pink yang di Lombok. Hanya saja di sana masih kurang promosi,” kata Ishak, Wisatawan asal Yogyakarta.

Ishak bersama dua rekannya melakukan perjalanan wisata dari Pulau Lombok hingga ujung Kabupaten Bima selama dua pekan. Ia juga berkunjung ke Gunung Tambora dan sebelumnya pernah mendaki Gunung Rinjani. Ia melihat Pantai Pink Bima sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi bagi wisatawan pecinta pantai.

Baca juga:  Warisan Budaya Luar Biasa adalah Aset Pariwisata

“Orang-orang tahunya Pantai Pink di Lombok saja, padahal di Bima juga tidak kalah bagusnya. Di bagian atas itu kita bisa mendirikan tenda, kalau siang dan sore warna pantainya benar-benar pink. Lebih pink daripada Pantai Pink Lombok,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemda Kabupaten Bima telah melengkapi sejumlah fasilitas yang ada di Pantai Lariti dan mulai melengkapi fasilitas di Pantai Pink. Kedepannya, Pantai Pink ini akan dijadikan sebagai salah satu destinasi unggulan dengan lebih gencar melakukan promosi pariwisata. Saat ini, beberapa pelaku pariwisata di Bima sudah membuat paket Bajo-Bima dengan menampilkan Pantai Pink sebagai destinasi utama.

Baca juga:  Potensi Besar Wisatawan China Perlu Digarap Serius

Pantai Pink di Bima ini terletak di wilayah Desa Lambu, Kecamatan Lambu , Kabupaten Bima. Untuk menuju ke Pantai Pink ini dari Kota Bima, pengunjung harus menempuh  jarak sekitar 60 kilometer. Selain itu juga membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan kemudian dilanjutkan dengan naik perahu dari Pelabuhan Sape atau dari Desa Lambu.

Rute menuju pantai pink lambu Bima sangat mudah. Perjalanan di mulai dari Sape dan dalam perjalanan pengunjung bisa menikmati pemandangan yang didominasi gunung dengan padang savana yang luas di wilayah kecamatan Lambu. Selain itu juga terdapat pantai yang berdekatan dengan Pantai Pasir Putih, Tanjung Mariam dan Pulau Kelapa Bima. (lin)