Bima Kembali Diterjang Banjir

Mataram (suarantb.com) – Bima kembali diterjang air bah. Tepatnya siang tadi, Jumat, 20 Januari 2017 pukul 12.23 WITA Desa Kore di Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima terendam banjir bandang.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Muhammad Rum luapan air telah mengenangi pemukiman warga dan jalan raya yang berada di Desa Kore.

“Luapan air menggenangi pemukiman warga dan gang-gang serta jalan raya yg berada di Desa Kore. Untungnya banjir tidak membawa material maupun bebatuan sehingga tidak mengganggu lalu lintas,” jelasnya melalui pesan singkat.

Baca juga:  Banjir Terjang Tambora, Puluhan Rumah Terendam

Rum menjelaskan kronologi terjadinya banjir tersebut akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Sanggar.

Sehingga timbul luapan air di pemukiman penduduk. Dengan catatan sekitar 400 rumah penduduk terdampak.

“BPBD Kabupaten Bima sudah langsung turun  ke lapangan dan melakukan pendataan. Dan besok pagi akan membawa bantuan logistik,” ucapnya.

Baca juga:  Banjir Terjang Tambora, Puluhan Rumah Terendam

Dijelaskan Rum, masyarakat Kore berharap agar dibuatkan saluran pembuangan air ke laut. Sehingga jika terjadi banjir, air bisa dibuang ke laut.

Selain hujan lebat, penyebab utama dari bencana banjir yang bertubi-tubi menimpa Bima adalah sungai yang menyempit dan hutan yang gundul. “Bisa kita ketahui, apa penyebab utama banjir.  Apakah saluran kecil atau hutan sudah gundul. Kalau hujan insha Allah sudah pasti,” tambahnya. (ros)