Kabupaten Bima Siap Siaga Hadapi Bencana

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri mengecek alat pendukung dalam menghadapi bencana, saat Apel siaga dan simulasi penanngana bencana di halaman kantor Bupati setempat, Senin, 29 November 2021.(Suara NTB/Uki)

Bima (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima melaksanakan apel siaga penanganan bencana sekaligus simulasi lapangan penanganan banjir integrasi Covid-19, di halaman kantor Bupati Bima, pada Senin, 29 November 2021.

Apel siaga dan simulasi yang dipimpin Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti  Putri SE dengan melibatkan unsur BPBD, TNI/Polri, TAGANA serta relawan tersebut memastikan kesiapan dan langkah Pemkab Bima dalam menghadapi bencana.

Iklan

Bupati mengawali apel siaga dan simulasi dengan mengecek unit pasukan masing-masing serta alat-alat transportasi yang akan digunakan dalam kesiapsiagaan penanggulangan bencana. “Selah melaksanakan simulasi dalam ruangan. Hari ini dilaksanakan simulasi lapangan yang diawali dengan pengecekan kesiapsiagaan pasukan,” kata Bupati.

Ia menjelaskan, dalam beberapa hari terakhir, curah hujan di wilayah Kabupaten Bima terus mengalami peningkatan, karena itu yang paling penting adalah kebersamaan kolaborasi sebagai kekuatan besar dan tangguh dalam menghadapi bencana. “Kepada masing-masing unit pasukan, pastikan kesiapan personel dalam menghadapi dan menangani bencana sesuai tugas yang ada,” katanya.

Menurut dia, langkah tersebut sangat penting dilakukan. Tujuannya untuk membangun kesadaran dan kewaspadaan bagi semua pihak. Selain itu juga menjadi prasyarat dalam menghadapi bencana. “Yang utama adalah membangun partisipasi semua pihak melalui peningkatan kapasitas dan kapabilitas terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana,” ujarnya.

Disamping itu, Bupati meminta satuan pelaksana penanggulangan bencana agar memiliki rencana tindak lanjut yang terkoordinir dengan baik dan melibatkan semua pihak dalam pelaksanaan tugas-tugas di lapangan. “Saya harapkan juga tetap mengedepankan protokol kesehatan,” harapnya. (uki)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional