Kabel Laut FO Putus, Ini Keterangan Telkom

Mataram (suarantb.com) – Jaringan kabel Fiber Optik (FO) bawah laut milik Telkom mengalami gangguan, yang mengakibatkan jaringan telekomunikasi tersendat.

Telkom yang dikonfirmasi terkait informasi ini membenarkannya. Manager Sekretariat & Public Relations Telkom Regional V Jatim, Bali Nusra, Ivone Andayani mengatakan, bahwa telah terjadi gangguan komunikasi akibat putusnya kabel fiber optik Telkom dari arah Denpasar ke Mataram, tepatnya pada jarak KM 9,4 BMH Goalawah ke arah laut pada sekitar pukul 09.00 WITA Selasa, 5 Juni 2018.

Iklan

Secara terbuka, Telkom juga meminta maaf atas gangguan yang membuat masyarakat mempertanyakannya.

“Telkom meminta maaf, jika layanan komunikasi tidak selancar seperti hari biasa,” demikian Ivone dihubungi di Mataram.

Dengan putusnya kabel laut ini, dijelaskan berdampak pada lambatnya akses komunikasi. Mengingat,  jalur backbone alternatif yang disiapkan dari Maumere ke Petarani Makasar, kapasitasnya tidak sebesar jalur utama.

Meski begitu, Ivone menjelaskan juga, pada pukul 13.00 WITA, sembari menunggu datangnya kapal yang melakukan penyambungan kabel optik tersebut, tim dari Telkom menurutnya telah melakukan penambahan kapasitas bandwidth pada jalur alternatif Maumere – Makassar.

“Dengan penambahan kapasitas bandwidth pada jalur alternatif ini, diharapkan lalu lintas komunikasi baik voice, dan data perlahan normal kembali,” imbuhnya.

Terkait penyebab putusnya kabel FO bawah laut ini, Telkom juga tak menjelaskannya. “Itu juga kami tidak tau. Karena putusnya kan di dalam laut (SKKL kami),” demikian Ivone. (bul)