Juru Parkir di Mataram akan Dibina

Mataram (suarantb.com) – Juru parkir (jukir) di Kota Mataram akan dibina sehingga pengaturan parkir bisa lebih tertib. Pembinaan jukir ini terutama bertujuan demi terciptanya keteraturan dan keselamatan pengguna jalan.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Mataram, Mahfuddin Noor mengatakan, keteraturan dan ketertiban parkir yang mengutamakan keselamatan pengguna jalan berdampak pula pada optimalisasi capaian PAD dari sektor retribusi parkir.

Iklan

“Tidak mengurangi semangat kita mengenai PAD ini, tetapi yang lebih pokok ketertibannya dulu,” ujarnya, Selasa, 27 September 2016.

Mahfuddin mengaku pihaknya rutin melakukan pemantauan dan pembinaan lapangan kepada jukir. Pihaknya juga terus menerus melakukan penertiban di titik-titik parkir yang ada di Kota Mataram demi terciptanya parkir yang nyaman bagi para pengguna jasa parkir.

Selain itu, Perda yang mengatur tentang parkir telah mengatur secara jelas soal perparkiran hingga ke tarif parkir per kendaraan. Hanya saja untuk saat ini, menurut Mahfuddin, hal yang perlu ditekankan adalah pola pikir jukir dan pengguna jasa parkir.

Pola parkir yang sebelumnya, pengguna jasa parkir hanya berpikir memarkir kendaraan lalu bayar, maka saat ini pola tersebut akan diubah dengan memaksimalkan penggunaan karcis. “Begitu datang bisa langsung transaksi jasa retribusi parkir, dan minta karcisnya, karcis inilah menjadi bukti transaksi itu,” tambahnya.

Dengan demikian diharap parkir di Kota Mataram menjadi lebih tertib. Mahfuddin mengatakan supaya semua jukir tetap menggunakan rompi dan kartu penanda atau identitas. Pembinaan ini juga dimaksudkan supaya jukir memiliki kemampuan dan pemahaman dasar lalu lintas, serta memperhatikan keselamatan lalu-lintas, tidak hanya sekedar memindahkan kendaraan yang parkir. (rdi)