Jurnalis Dukung Gerakan Satu Warga Satu Masker

Perwakilan Forta Lobar menyerahkan bantuan masker kepada pihak Desa Sekotong Tengah untuk membantu pencegahan penularan Covid-19. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Bermacam upaya dan kegiatan terus dilakukan oleh Pemerintah Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong Lombok Barat (Lobar) untuk mencegah penyebaran virus covid-19.  Sampai saat ini wilayah Sekotong masih kategori kuning kasus Covid-19. Salah satu gerakan yang dilakukan desa setempat adalah satu warga satu masker. Gerakan ini digagas pihak desa bersama masyarakat setempat ini menggandeng semua pihak ikut terlibat.

Dengan jumlah KK sebanyak 2.634 di Desa itu, membutuhkan sekitar 10 ribu masker demi terwujudnya 1 warga 1 masker. “Pemdes juga sudah membagikan 1000 masker kepada warga melalui dana desa,” terang Kepala Desa Sekotong Tengah Lalu Sarappudin, Rabu, 30 September 2020.

Iklan

Dijelaskan, upaya pihak desa dalam mencegah penularan Covid-19 dengan mewujudkan Kampung Sehat dan tangguh terhadap pandemi Covid 19. Apalagi, kata Ketua Forum Kades Kecamatan Sekotong ini, desa tertua di Kecamatan Sekotong tersebut merupakan salah satu peserta pada lomba kampung sehat tingkat Provinsi NTB, bersama 3 desa lainnya di Kabupaten Lombok Barat.

Gerakan 1 warga 1 masker tersebut, juga mendapat apresiasi dari Forum Wartawan (Forta) Lombok Barat dengan memberikan ratusan masker. “Alhamdulillah, kami bisa ikut berpartisipasi, walau tidak seberapa, tapi wujud partisipasi kita bersama dalam mensukseskan lomba kampung sehat,”ujar Ketua Forta Lobar, M.Haeruzzubaidi.

Di samping itu kata wartawan Harian Suara NTB ini, hal ini juga bentuk dukungan wartawan terhadap pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19 yang saat ini mengalami penurunan di Lobar.  Sejak awal pandemi, wartawan Lobar yang tergabung dalam Forta melakukan gerakan pembagian masker gratis menggandeng para pihak, seperti BUMN dan pihak terkait lainnya. Ditambah lagi, para pewarta juga membagikan sembako kepada warga terdampak Covid-19. (her)