Jumlah Peserta Lulus Administrasi P3K Belum Jelas

H. Aidy Furqan (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB menyiapkan seleksi kompetensi dasar (SKD) bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan menyebut SKD nantinya akan dilakukan di masing-masing kabupaten/kota.

“Yang dikelola Dikbud sejak awal ada sekitar 5.018 orang guru. Setelah pendaftaran, yang bisa sinkron dengan data pokok pendidikan hanya 4.434 orang,” ujar Aidy saat dikonfirmasi. Kendati demikian dirinya belum menerima data pasti jumlah guru yang telah lulus dalam seleksi administrasi pendaftaran P3K.

Iklan

Di sisi lain, Aidy menyebut pelaksanaan SKD nantinya akan menggunakan sistem sif. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 melalui pelaksanaan tes. “Karena ini sedang pandemi kita tidak bisa ramai-ramai tesnya,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan sendiri akan disebar di SMA-SMK se-NTB yang memiliki fasilitas memadai. Antara lain sarana berupa komputer dengan jumlah di atas 100 unit. Dengan begitu pelaksanaan SKD diharapkan dapat cepat selesai walaupun memakai sistem sif.

Terpisah Kepala BKD NTB, Drs. Muhammad Nasir menyebut sampai saat ini informasi terkait peserta yang lulus seleksi administrasi P3K memang belum diterima. “Sebenarnya kita juga tidak nyaman dengan situasi seperti ini. Terutama untuk menjawab pertanyaan para pelamar, karena kita juga belum bisa memberikan informasi yang lengkap,” ujarnya.

Kendala tersebut sampai saat ini masih dikomunikasikan dengan Kementerian Pendidikan yang menjadi penanggung jawab utama seleksi P3K. Pihaknya berharap informasi lengkap terkait data peserta dapat diterima sebelum SKD digelar.

“Saya juga selaku Sekretaris Panitia sangat tidak nyaman dalam hal ini. Ini yang terus coba kita komunikasikan dengan Kemendikbud, tapi disuruh menunggu,” tandas Nasir. (bay)

Advertisement