Jumlah Penari untuk Pembukaan MTQ Nasional Bertambah

Mataram (suarantb.com) – Jumlah penari yang akan tampil dalam pembukaan MTQ Nasional pekan depan bertambah. Awalnya jumlah penari sebanyak 300 orang dan kini bertambah 200 orang. Koreografer Lalu Suryadi Mulawarman menyampaikan penambahan ini berasal dari pemerintah daerah (pemda). Ia mengatakan terkejut dengan penambahan ini karena dilakukan sepekan sebelum pembukaan MTQ Nasional ke-26.

“Ada tambahan 200 penari dari pemda, kami baru diberitahu tiga hari yang lalu. Kami diminta untuk mendapatkan  tambahan 200 penari. Bayangkan, teman-teman disini sudah latihan selama tiga bulan,” jelasnya kepada suarantb.com, Jumat, 22 Juli 2016 ditemui di Taman Budaya.

Iklan

Ia menyampaikan sebanyak 200 penari baru ini tidak punya kemampuan menari dan harus menyesuaikan dengan penari yang telah menjalankan latihan lama. Untuk itulah Suryadi juga mengaku harus membuat strategi baru.

Menciptakan strategi baru dimaksudkan agar kehadiran penari baru ini tidak mengganggu penari lainnya yang sudah menjalankan latihan. “Kita buat tablo-tablo, konfigurasi, komposisi saja. Dan nanti mereka tidak ikut dari awal sampai akhir, tetapi di bagian tiga seperempat akhir baru mereka muncul. Itu cara kami menyiasatinya,” jelasnya.

Untuk uji coba konfigurasi baru, Suryadi menjadwalkan latihan bersama 500 penari. Sebelum latihan bersama seluruh penari, ia telah menentukan posisi para penari. “Semoga saja nanti tidak mengganggu yang sudah ada. Kasihan nanti kalau yang sudah latihan lama ini terganggu. Tetapi kita yakin semuanya bisa berjalan. Tidak ada yang tidak mungkin,” jelasnya bersemangat.

Tambahan 200 anak menurut Suryadi merupakan wujud ekspektasi dari pemerintah yang sangat besar terhadap pertunjukannya. “Pemerintah mungkin berpikir tarian ini sangat kolosal. Mudah-mudahan itu bisa tercapai. Saya sebagai sutradara dan koreografer meyakini, bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Walaupun dalam waktu yang mepet, semuanya harus tetap berjalan. Hantam saja,” ujarnya seraya tertawa. (ros)

  Pantai Mawi, Surganya Para Peselancar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here