Jumlah Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Belum Menurun

Ilustrasi Pasien Positif Covid-19. (Sumber : Pharma Times)

Mataram (Suara NTB) – Penambahan jumlah pasien coronavirus disease (Covid-19) pascalebaran di Kota Mataram masih sebanding dengan jumlah pasien yang sembuh setiap harinya. Hal tersebut berdasarkan catatan jumlah pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram serta dua rumah sakit darurat yang disiapkan Pemkot Mataram.

“Di rumah sakit kita masih landai saja. Kalau kita perhatikan datanya, pasien yang keluar dan yang masuk masih seimbang. Sekitar 30 orang rata-rata setiap harinya dari akumulasi di RSUD dan rumah sakit darurat,” ujar Plt. Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kota Mataram, dr. Tris Cahyoso, Minggu, 6 Juni 2021.

Iklan

Berdasarkan catatan pihaknya, saat ini pasien yang dirawat di RSUD Kota Mataram sebanyak 21 orang. Pasien tersebut adalah penderita dengan penyakit penyerta (komorbid) yang membutuhkan perawatan lebih intensif, di mana sekitar lima orang di antaranya diharuskan memakai ventilator.

Sedangkan pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit darurat tercatat 16 orang, antara lain di Fizz Hotel 10 orang dan Nutana Hotel 6 orang. Di mana pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19. Namun tanpa gejala.

Sampai dengan 5 Juni 2021 Satgas Covid-19 Provinsi NTB jumlah konfirmasi positif di Kota Mataram telah mencapai 3.838 kasus. Rinciannya 3.465 orang pasien dinyatakan sembuh, 165 orang meninggal, dan 198 orang masih menjalani perawatan.

“Jadi hanya 37 yang kita rawat di RSUD dan rumah sakit darurat. Sisanya barangkali posisinya di RSUD Provinsi NTB atau rumah sakit lainnya,” jelas Tris. Pihaknya berharap penanganan kasus tersebut menandakan peningkatan kasus pascalebaran seperti yang ditakutkan tidak terjadi.

“Kita lihat dari situ peningkatan (kasus) Covid-19 sebenarnya tidak terlalu banyak, mungkin dibanding kabupaten/kota lainnya. Kita juga masih menjalankan isolasi mandiri, yang langsung difasilitasi Dinas Kesehatan dengan pengawasan pasien oleh Puskesmas,” tandasnya. (bay)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional