Juarai Lomba Internasional, Mahasiswa UTS Angkat Bahan Pangan Lokal Sumbawa

Tim UTS bersama dosen pembimbing.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Karya tulis ilmiah bidang pangan karya mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakuktas Teknologi Pertanian, Universitas Teknologi Sumbawa berhasil menjuarai Kompetisi bergengsi Internasional Agritech Great Competition (IAGC) 2021.

IAGC adalah kompetisi Internasional yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Universitas Brawijaya, Malang untuk diikuti oleh mahasiswa dari kampus seluruh dunia. Dalam kompetisi ini mewadahi ide-ide inovasi kreatif mahasiswa yang dituangkan dalam bentuk karya tulis ilmiah dalam menyelesaikan permasalahan permasalahan global terkait pangan, lingkungan dan energi.

Iklan

Mahasiswa tersebut adalah Zulfa Sakinah, Bunga Ayu Ningtyas dan Qori’atul Fadilah yang dibimbing oleh Lukman Azis, S.TP., M.Sc. dengan karya tulis berjudul ‘Snackbar as Product Innovation from Pregelatinized Flour to Increase Energy Requirement and Probiotic Booster on Lactating Women’ berhasil mengahantarkan tim dari UTS meraih Juara 3 Dalam Kompetisi tingkat Internasional ini.

Pada tahun ini, IAGC 2021 diselenggarakan secara daring pada tanggal 1-6 September 2021 dengan tema Building  Innovative Millennial Generation to Create Sustainable Agroindustry 4.0. Kompetisi ini diikuti oleh 241 peserta yang terdiri dari 89 tim dari berbagai universitas di Indonesia ataupun luar negeri seperti Universiti Putra Malaysia, Kolej Vokasional Sungai Petani dan Al-Bukhary Internasional University.

Mengangkat bahan pangan lokal seperti pisang kepok, mulberi, kacang mete dan madu hutan asli Sumbawa, para Elang Muda mahasiswa UTS berinovasi membuat produk snackbar untuk membantu mengatasi masalah kekurangan energi pada ibu menyusui. Hingga saat ini, kasus kekurangan energi pada ibu menyusui menjadi permasalahan kesehatan global di semua negara termasuk Indonesia. Kekeruangan energi tidak hanya berdampak buruk terhadap kesehatan ibu namun juga bayi yang disusuinya.

Berdasarkan riset, mengkonsumsi 100 gram per hari produk snackbar karya mahasiswa UTS mampu menambah 14.65% asupan energi harian. Selain itu, produk ini mengandung senyawa bioaktif serta pati resisten yang bermanfaat untuk kesehatan. Kedua bahan alami tersebut mampu mendukung perkembangbiakan bakteri baik pada usus sehingga berefek pada stimulasi immun tubuh.

Dosen Pembimbing dari Tim UTS, Lukman Azis, S.TP., M.Sc, Jumat, 17 September 2021, menjelaskan kompetisi sangat baik untuk membantu mengembangkan skill mahasiswa. Khususnya dalam menulis sebuah karya tulis ilmiah. Harapannya, perjuangan ini tidak sampai disini saja, namun hasil penelitian berupa produk snackbar ini dapat diimplementasikan kepada masyarakat dalam hal memenuhi kebutuhan energi harian ibu menyusui.

Rektor UTS. Chairul Hudaya, Ph. D menyampaikan ucapan selamat kepada para Elang Muda yang telah berhasil meraih prestasi bergengsi ini. “Sangat bangga mendengar mahasiswa-mahasiswa kami yang tidak berhenti mengeksplore keilmuannya meski kondisi pandemi seperti saat ini. Saat ini, kecenderungan masyarakat kita khususnya generasi muda memang mengkonsumsi makanan-makanan yang menarik dan serba instan. Pengolahan pangan lokal menjadi kreatif, menarik dan sesuai kebutuhan masyarakat seperti karya tulis ini tentu akan memberi manfaat yang banyak sekali. Sehingga daya kebutuhan akan olahan pangan lokal pun dapat lebih meningkat. Selamat! Pungkas Rektor.

Berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan oleh peyelenggara IAGC pada tanggal 13 September lalu, Tim Universitas Teknologi Sumbawa masuk dalam Top 3 bersama Tim dari Universiti Putra Malaysia (Malaysia) sebagai Juara 1 dan Tim dari Universitas Brawijaya (Indonesia) sebagai Juara 2. (arn)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional