JPS Tahap VI Didistribusikan Pekan Depan

0
H. Mahmuddin Tura. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram kembali akan menyalurkan bantuan jaring pengaman sosial (JPS) tahap VI ke warga terdampak pandemi Covid-19. Untuk menjamin kualitas beras, Badan Urusan Logistik (Bulog) bersama Dinas Sosial diturunkan lebih awal untuk mengecek.

Sekretaris Tim Asistensi JPS Kota Mataram, Ir. H. Mahmuddin Tura menyampaikan, pendistribusian bantuan paket sembako ke masyarakat terdampak coronavirus disease atau Covid-19 melalui JPS tahap VI tanggal 19 Desember pekan depan. Sebagai tahap awal akan ada pemeriksaan internal dilakukan oleh Bulog didampingi Dinas Sosial, Sabtu, 12 Desember 2020 hari ini.

IKLAN

Pengecekan awal oleh Bulog dan Disos untuk memastikan kualitas beras sesuai ketentuan. Selama ini, pengecekan beras di penyedia sifatnya acak. Bulog meminta semua beras didatangkan dan disimpan di gudang penyedia. Satu persatu akan dicek secara random. “Kalau dulu sampel saja. Sekarang bulog minta semua beras didatangkan,” terangnya.

Tujuanya kata Mahmuddin, beras diterima masyarakat layak konsumsi. Selain beras, produk lainnya seperti biskuit, minyak dan lainnya akan dicek oleh tim asistensi terdiri dari Inspekorat, Kepolisian, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, Dinas Perdagangan, Dinas Sosial dan tim lainnya. Selanjutnya, tanggal 16-17 Desember paket JPS didistribusikan ke masing – masing kelurahan. “Sehingga, tanggal 19 Desember itu sudah selesai penyaluran JPS tahap VI,” ucapnya.

Jumlah penerima JPS mengalami penambahan 164 kepala keluarga (KK) dari total sebelumnya 32.548 KK. Awalnya ada usulan dari masyarakat sebanyak 300 KK lebih. Setelah dilakukan verifikasi dan validasi yang memenuhi syarat kurang dari 170 KK.

Mahmuddin memastikan bantuan diterima oleh masyarakat memiliki kualitas bagus. Apabila ditemukan tak sesuai atau memenuhi standar akan ditarik dan dikembalikan ke penyedia. “Kalau tidak memenuhi standar ditarik lagi dan diminta diganti,” demikian kata dia. (cem)