JPS Gemilang Akomodir IKM Kopi di Dompu

Jaya Akbar. (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Pembagian paket sembako pada program Jaring Pengaman Sosial (JPS) NTB Gemilang juga dirasakan manfaatnya oleh pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Dompu. Paket sembako tersebut juga mengakomodir produk-produk IKM lokal.

Jaya Akbar, SH pemilik Oi Ammo Coffee di Dompu kepada Suara NTB, Sabtu, 30 Mei 2020 mengakui program JPS NTB Gemilang ikut dirasakan pihaknya di daerah. Karena program JPS NTB Gemilang ikut mengakomodir produk lokal dalam paket bantuan yang dibagikan kepada warga. “Tentu kita sangat terbantukan dengan diakomodir oleh JPS NTB Gemilang,” katanya.

Iklan

Pada pembagian JPS Gemilang tahap pertama, produk IKM kopi diakomodir melalui teh moringa. Tapi melihat animo masyarakat dan pelaku IKM, Gubernur memberikan porsi tersendiri untuk IKM kopi pada JPS Gemilang. “Sekarang sudah ada kuota sendiri setelah disetujui Gubernur melihat animo masyarakat. Sebelumnya menyatu dengan teh Moringa,” jelasnya.

Selama ini, kata Jaya Akbar, produksi kopi miliknya hanya 100 kg per bulan. Dengan diakomodirnya dalam program JPS NTB Gemilang, kini produksinya meninggat tajam hingga 100 kg per hari. “Kita masih bisa penuhi karena kapasitas produksi kami 150 kg per hari,” terangnya.

Selain memenuhi permintaan untuk program JPS NTB Gemilang, permintaan untuk kedai kopi di Dompu dan luar NTB. Di Dompu sendiri, kedai kopi sudah ramai. Baik dalam kota maupun di Lakey Huu.
“Bule (wisman) yang ndak bisa kembali ke negeranya akibat lockdown, mereka menetap di Lakey. Mereka rata-rata pecinta kopi. Jadi banyak permintaan kopi dari restoran di Lakey,” ungkapnya. (ula)

  Ribuan Sopir Angkutan di NTB Diberi Insentif Covid-19 dari Polri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here