JPS Dampak Covid-19, Lotim Hanya Mampu Tiga Bulan

H. M. Sukiman Azmy (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Kemampuan anggaran Kabupaten Lombok Timur (Lotim) untuk melakukan pengadaan Jaring Pengaman Sosial (JPS) hanya sampai tiga bulan. Dari Rp123 miliar hasil realokasi APBD yang dilakukan dan sebagian besar untuk penanganan percepatan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Bupati Lotim, H. M. Sukiman Azmy mengatakan JPS dari Kabupaten Lotim sudah habis. Harapannya, ke depan ini Lotim bisa dapat subsidi lagi dari pemerintah pusat. Bupati Sukiman meyakini, tidak mungkin negara tidak peduli terhadap warganya yang menderita. “Saya kira kalau kita mengeluh ke pemerintah pusat, insya Allah akan ada bantuan,” ucapnya.

Iklan

Sekretaris Daerah Kabupaten Lotim, H. M. Juaini Taofik yang dikonfirmasi terpisah menguatkan apa yang disampaikan bupati. Anggaran Rp 123 miliar itu saat ini sudah Rp 56 miliar digunakan khusus untuk penanganan Covid-19. Lainnya diarahkan untuk belanja tak terduga dan termasuk untuk JPS sembako.

Kemampuan keuangan Lotim sangat terbatas. Di tengah celah fiskal yang sangat terbatas Lotim sendiri turut terkena pemangkasan anggaran oleh pemerintah pusat. Saat rasionalisasi anggaran beberapa waktu lalu, terpangkas 10 persen atau Rp 115 miliar Dana Alokasi Umum (DAU). Belum lagi DAK.

Fakta pemangkasan anggaran ini membuat tunjangan kinerja dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lotim ini akan terpangkas. Mulai bulan Juli 2020 mendatang, hanya 50 persen TKD ASN yang bisa diberikan. Semisal TKD Sekda Rp 5 juta per bulan sebut Juaini, maka hanya akan menerima Rp 2,5 juta.

Lotim masih menanti uluran tangan dari pemerintah pusat. Disebut, ada rencana pemerintah pusat akan memberikan hibah kepada pemerintah daerah. “Mudahan dana Rp 115 miliar itru dikembalikan oleh pusat, sehingga bisa kita gunakan untuk covid,” harapnya.

Dalam struktur anggaran pusat, sepengetahuan sekda baru sekarnag ada rencana pemberian hibah keuangan dari pusat ke pemerintah daerah. “Tumben ada skema lewat hibah,” sebutnya. (rus)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional