Jokowi-TGB akan Hadir di Pertemuan 400 Ulama Dunia di IC

Mataram (Suara NTB) – Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) bersama Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi dijadwalkan akan menghadiri pertemuan 400 ulama dunia di Islamic Center (IC) NTB pada Kamis, 19 Oktober 2017 mendatang.

Dalam kegiatan itu, ratusan ulama dari puluhan negara di dunia akan melakukan konferensi internasional yang membahas mengenai Islam moderat.

Iklan

‘’Lagi disiapkan. Presiden juga berkenan (rencananya) hadir hari Kamis,’’ kata Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi (TGB) ketika dikonfirmasi usai meninjau persiapan lokasi acara di IC NTB, Senin, 16 Oktober 2017.

Pada kesempatan tersebut, gubernur didampingi Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH, M.Si, Sekda NTB, Ir. H. Rosiady H. Sayuti, M.Sc, Ph.D dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

TGB menjelaskan, pembukaan pendahuluan konferensi internasional ratusan ulama dunia yang merupakan para alumni Universitas Al Azhar Kairo, Mesir ini akan dilakukan pada Rabu (18/10).

‘’Kemudian untuk konferensi internasionalnya dibuka Kamis,’’ ungkap Tuan Guru Bajang (TGB)– sapaan Gubernur NTB-.

Konferensi internasional ulama dunia itu membahas tentang Islam moderat. Pengalaman Islam yang moderat selama ini telah mampu menjaga Indonesia yang bhinneka tunggal ika. NTB sebagai bagian dari Indonesia yang penduduknya mayoritas muslim tetap kondusif.

‘’Jadi, ketika dilaksanakan di NTB ini juga sebagai bagian dari ekspose NTB. Sebagai daerah yang kondusif. Yang di situ ada umat Islam yang mayoritas sangat besar. Tapi saudara-saudara non muslim bisa  hidup dengan nyaman  dan kondusif dalam suasana saling menghargai,” kata doktor lulusan Universitas Al Azhar Kairo Mesir ini.

TGB mengatakan, tugas umat Islam di NTB dan Indonesia secara umum adalah memperbanyak promosi tentang Islam moderat. Islam yang rahmatan lil alamin kepada dunia. Negara-negara Islam yang ada di dunia diharapkan dapat belajar mengenai Islam moderat di Indonesia, khususnya NTB.

Terpisah, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB, H. Irnadi Kusuma, S.STP, ME menyebutkan, sebanyak 400 ulama akan menghadiri konferensi internasional tersebut. Para ulama ini datang dari puluhan negara-negara Islam di dunia. Para ulama tersebut tergabung dalam alumni Universitas Al Azhar Kairo, Mesir.

Pertemuan tersebut membahas mengenai Islam yang moderat. Yakni bagaimana pengamalan Islam yang rahmatan lil alamin. Dalam pertemuan ini juga tentunya akan ada rekomendasi-rekomendasi mengenai penerapan Islam yang moderat di dunia terutama negara-negara Islam. (nas)