Jokowi Ancam Cabut Izin Investor di KEK Mandalika

Praya (suarantb.com) – Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) ┬ámengancam akan mencabut izin investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika untuk investor yang lelet dalam melakukan pembangunan di kawasan tersebut.

” Investor harus ada kontrak yang jelas, yang sudah tanda tangan kontrak diberikan klausul bahwa enam bulan harus dimulai. Jangan sudah dapat lahan puluhan hektar ndak diapa-apakan. Kalau enam bulan ndak mulai konstruksi, cabut,” ancamnya dalam acara peresmian beroperasinya KEK Mandalika di Pantai Kuta Lombok Tengah, Jumat, 20 Oktober 2017.

Iklan

Menurutnya, hanya membuang-buang waktu jika investor seperti demikian dibiarkan. Padahal, masih banyak yang mengantri untuk masuk berinvestasi di Mandalika.

“Saya ketemu Emir Qatar, Syekh Tamim bin Hamad bin Khalifa al-Tsani. Saya tunjukkan gambar Mandalika. Beliau kagum betul dengan keindahan di Mandalika, langsung beliau sampaikan, sudahlah saya ambil semuanya. Saya jawab, nanti dulu, nanti syekh kirim tim lihat baru kita bicara,” cerita Jokowi.

Selain masalah investor, Jokowi juga memberikan banyak masukan terkait pembangunan KEK Mandalika. Mulai dari toilet di kafe dan homestay dipastikan berstandar internasional. Selain itu, perbukitan di sekitar KEK Mandalika yang mulai gundul diminta untuk segera dilakukan penghijauan.

“Hijaukan kawasan yang gundul, yang kurang vegetasi, kurang pohonnya, tanam. Tanaman minta berapa ratus ribu saya kirim. Tapi jangan asal tanam terus nggak diurus, nggak diawasi. Sering ribut tanam 1 juta pohon, tapi yang hidup cuma tiga,” kritiknya.

Mantan Walikota Solo ini juga melihat penting adanya pasar cinderamata yang disediakan untuk masyarakat. Sehingga masyarakat juga bisa menikmati manfaat atas keberadaan KEK Mandalika.

“Karakter bangunan di sini harus ada diferensiasi, harus ada bedanya dengan yang di Bali dan kawasan lain. Kekuatan atau karakter daerah harus dimunculkan. Jangan nanti yang banyak rumah model Spanyolan, kita bukan orang Spanyol,” katanya diiringi tawa. (ros)