JKN-KIS Hapus Kekhawatiran Sulaeah di Usia Senja

Ilustrasi JKN-KIS.

Selong (suarantb.com) – Manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia (JKN-KIS) dirasakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Manfaat dari kartu dengan dominasi warna hijau putih ini pun tidak memandang usia, dari usia muda hingga lanjut usia. Hal ini terbukti dari peningkatan pemanfaatan JKN-KIS di berbagai fasilitas kesehatan. Manfaat ini juga dirasakan Sulaeah yang tahun ini genap menginjak usia 81 Tahun. Kepada tim Jamkesnews, Sulaeah menceritakan pengalamannya menggunakan JKN–KIS.

“Uwah jari peserta BPJS Kesehatan sejak zaman Askes, laek kartu warna kuning nane uwah begentik warne hijau putih (Sudah jadi Peserta BPJS Kesehatan sejak zaman Askes, dulu kartu saya warna kuning pada saat Askes sekarang sudah diganti menjadi warna hijau putih, red),” ujar Sulaeah.

Iklan

Sulaeah merupakan peserta JKN-KIS dari pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ia dapatkan dari almarhum suaminya berprofesi sebagai guru. Di masa mudanya, ia hanya menghabiskan waktunya itu untuk menemani sang suami mengajar. Kini sejak sang suami sudah meninggal dunia, ia hidup sendiri karena seluruh anaknya sudah memiliki keluarga sendiri. Ia merasa bersyukur karena adanya JKN-KIS yang menemaninya di usia senja sehingga tidak perlu menjadi beban untuk anak-anaknya.

“Allhamdulillah arak kartu JKN-KIS sik beroat, jari ndek takut biaye lek rumah sakit. Kereng ku kadu kartu JKN-KIS sik beroat, baruk wik engkah te opname lek rumah sakit daerah karena diabetes (Allhamdulillah ada JKN-KIS untuk berobat, jadinya saya tidak takut biaya rumah sakit. Sering saya pakai JKN-KIS untuk berobat, baru kemarin saya habis dirawat inap di rumah sakit daerah karena Diabetes Melitus yang saya derita, red),” lanjut Sulaeah.

Sulaeah pun mengungkapkan rasa syukur dan ucapan terima kasihnya kepada pemerintah. “Bersyukur arak JKN-KIS isik beroat jarin ndek takut biaya rumah sakit, semoga program ne terus arak karena luek manfaat (Bersyukur ada JKN-KIS untuk berobat jadinya tidak takut biaya rumah sakit, semoga program JKN-KIS terus ada karena banyak manfaatnya, red),” tutup Sulaeah. (r/*)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional