JKN-KIS Cegah Masyarakat Jatuh Miskin Akibat Penyakit Mahal

Hidayatul Aini

Selong (suarantb.com) – Hidayatul Aini (25) adalah salah satu penerima manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS). Ia mengungkapkan sangat bersyukur karena telah diberikan kemudahan oleh Pemerintah untuk mendapatkan layanan kesehatan.

“Setahun lalu saya pernah operasi amandel. Alhamdulillah, karena ada JKN – KIS saya tidak harus berhutang untuk membayar biaya operasi saya yang jutaan rupiah,” ungkap Aini, sapaan akrab wanita asal Desa Sembalun ini, Selasa (03/09).

Iklan

Tepat setahun yang lalu, ia dan keluarganya telah terdaftar sebagai peserta segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN. Ketika diwawancarai tim Jamkesnews, Aini mengungkapkan bahwa ini pertama kalinya ia berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan, jarak tempuh yang jauh dan kendala transportasi menyebabkan ia baru kali ini sempat menemani bibinya untuk mengurus kartunya yang hilang.

“Saya tinggal di desa di bawah kaki gunung Rinjani. Jaraknya sangat jauh dari kota. Tapi ternyata kami pun tetap bisa mendapat pelayanan kesehatan yang bagus bahkan dijamin oleh JKN – KIS,” kata Aini ketika mendampingi bibinya Etmiyanti (38) berkunjung ke kantor cabang Selong (03/09).

Ia merasa program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini memang memiliki sejuta manfaat. Tidak hanya kaum elit yang dapat menikmati layanan kesehatan, tetapi masyarakat ekonomi menengah ke bawah pun sekarang tidak perlu khawatir ketika sakit, bisa dijamin oleh JKN – KIS. Ketika ditanyai mengenai kelebihan program JKN – KIS, Aini memiliki jawaban unik tersendiri. Ia mengatakan bahwa memiliki perlindungan kesehatan akan mencegah orang miskin menjadi semakin miskin.

“Coba dibayangkan, orang yang ekonominya pas pasan ketika sakit parah mau bayar obat pakai apa? Jalan keluarnya mungkin harus menjual harta atau bahkan berhutang. Beda ceritanya, kalau sudah punya jaminan kesehatan. Akan ditanggung oleh pemerintah dan tidak susah lagi memikirkan bagaimana caranya agar cepat sembuh,“ jelasnya.

  Kampung KB di Mataram Terbaik Se-NTB

Aini menambahkan, di samping memiliki perlindungan atau jaminan kesehatan, sebaiknya setiap orang harus punya kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan. Karena dengan kondisi tubuh yang sehat pasti lebih mudah untuk beraktivitas dan melakukan hal – hal yang bermanfaat setiap harinya.

“Siapa sih yang mau sakit? Walaupun saya dan keluarga telah mendapat jaminan dari pemerintah. Saya tetap harus sehat. Saya tidak mau lagi merasakan namanya sakit dan di operasi. Semoga saya dan keluarga sehat terus,” kata Aini. (r/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here