Jenazah Syekh Ali Jaber Dikebumikan di Tangerang

Syekh Ali Jaber. (SuaraNTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Keluarga besar Syekh Ali Jaber yang berada di Jalan Ade Irma Suryani Monjok, Mataram, mengikhlaskan proses pemakaman ulama kondang tersebut dilaksanakan di luar daerah. Pasalnya, prosedur pengiriman jenazah yang cukup banyak membuat proses pemakanan di Mataram tidak memungkinkan.

“Kita baru dapat kabar dari keluarga di Jakarta tidak bisa (dikuburkan di Mataram). Sudah dimandikan juga jenazahnya di sana, karena banyak proses yang harus dilewati,” ujar anak pertama Syekh Ali Jaber, Al Hasan Ali Jaber, Kamis, 14 Januari 2021, ditemui di kediamannya di Monjok Mataram.

Sebelumnya, keluarga besar di Mataram menghendaki agar ulama yang bernama lengkap Ali Saleh Mohammed Ali Jaber tersebut dapat dikuburkan di Lombok, mengikuti wasiat almarhum. Terlebih mengikuti silsilah keluarga di mana kakek Syekh Ali Jaber sempat memperjuangkan kemerdekaan di Lombok.

Bahkan salah seorang anaknya lahir di Lombok.
Berdasarkan informasi yang diterima Suara NTB, jenazah Syekh Ali Jaber sendiri akan dimakamkan di Pondok Pesantren Tahfiz Daarul Qur’an (Daqu) pada Kamis sore, 14 Januari 2021. Di mana pesantren tersebut merupakan pesantren yang didirikan oleh Ustaz Yusuf Mansur.

“Insya Allah kalau tidak di Jakarta, di Tangerang dikuburkannya,” ujar Hasan. Dirinya bersama pihak keluarga berencana berangkat ke Jakarta sekitar pukul 16.00 Wita. “Kita bertujuh sekeluarga dari sini nanti berangkat,” tandasnya. (bay)