Jembatan Darurat Cenggu Segera Digunakan

Bima (Suara NTB) – Pemkab Bima mengklaim jembatan darurat Cenggu yang dibangun menggantikan sementara jembatan terputus akibat diterjang banjir belum lama ini, sudah siap digunakan dalam waktu dekat.

Kasubag Informasi dan Pemberitaan Setda Kabupaten Bima, Ruslan, S.Sos mengatakan, berdasarkan koordinasi dengan Dinas PU dan BPBD Kabupaten Bima, pembangunan jembatan darurat tersebut terus digenjot.

Iklan

“Saat ini tengah dalam tahap penyelesaian. Kemungkinan minggu depan warga sudah bisa menggunakannya,” kata Ruslan menjawab Suara NTB, Rabu, 1 Maret 2017.

Diakuinya, jembatan darurat itu sifatnya hanya sementara. Pemerintah daerah akan mengerjakannya kembali, setelah proposal yang sudah diajukan disetujui oleh Pemerintah pusat melalui BNPB.

“Anggaran perbaikan jembatan ini masuk rehablitasi dan rekonstruksi banjir Kabupaten Bima. Kita usulkan ke pemerintah pusat,” ujarnya.

Diharapkan dengan adanya jembatan darurat tersebut aktivitas perekonomian masyarakat pada tiga Kecamatan, Woha, Belo dan Langgudu, dalam satu bulan terakhir terkendala bisa kembali berjalan normal.

Kepala Dinas PU dan Perumahan Rakyat Kabupaten Bima Ir. H. Nggempo ST. MT mengakui, pengerjaan jembatan jalan lintas Tente-Langguddu, yang menghubungkan antara Kecamatan Woha, Belo dan Langgudu itu hampir rampung.

“Sejauh ini pengerjaannya sudah mencapai 85 persen. Hanya tinggal pemasangan material baja,” ujarnya.

Dikatakan, pembangunan jembatan jalan itu telah sesuai dengan target sekitar satu bulan. Pembangunannya menelan anggaran sekitar Rp 200 juta, dari dana talangan pemerintah Kabupaten Bima.

Jembatan itu terputus pada bagian tengah akibat tidak mampu mehanan derasnya air banjir di sungai yang melewati jembatan itu, Senin (13/2) sore sekitar pukul 17.40 wita. Beruntung kejadian ini tidak menelan korban jiwa.

Terputusnya jembatan itu mengakibatkan puluhan desa penghubung terisolasi. Antara desa Tente Kecamatan Woha dengan Desa Cenggu, Runggu, Roka, Renda, Ngali, Lido, Soki, Ncera Kecamatan Belo, serta beberapa Desa di Kecamatan Langgudu. (uki).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here