Jembatan Darurat Bengkang Mulai Dikerjakan

Jembatan darurat di Dusun Bengkang Desa Persiapan Pengantap Kecamatan Sekotong mulai dikerjakan. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Jembatan darurat di Dusun Bengkang Desa Persiapan Pengantap Kecamatan Sekotong Lombok Barat (Lobar) yang putus dua pekan lalu mulai dikerjakan, Senin, 22 November 2021.

Alat berat diterjunkan untuk mengeruk sungai sebagai lokasi pembangunan jembatan darurat yang menghubungkan dengan daerah Lombok Tengah tersebut.

Iklan

Kepala Dusun Bengkang, Dirawan mengatakan Senin siang satu alat berat sudah ada di lokasi untuk membangun jembatan darurat. “Alhamdulillah, pengerjaan jembatan sementara sudah mulai,” katanya Senin, 22 November 2021.

Sebelumnya, pada Sabtu siang, 20 November 2021 sekitar pukul 12.30 WITA, banjir menghanyutkan jembatan putus tersebut. Akibatnya, jembatan itu sama sekali tidak bisa dilalui, sehingga ribuan penduduk yang tinggal di lima dusun di daerah itu pun terisolasi.

Akibat hanyutnya jembatan itu, lima dusun di daerah itu pun terisolasi. Lima dusun itu adalah, Dusun Kebeng, Dusun Pangsing, Dusun Pengantap, Dusun Bange dan Dusun Meang. Lima dusun itu berada di daerah seberang jembatan yang langsung menghubungkan Lobar ke Loteng. “Jembatan ini satu satunya jalur yang dilewati,”ujarnya.

Jumlah penduduk di lima dusun yang terisolir itu sebanyak 1.300 KK. Di mana sebagian warga di Dusun Bengkang sebanyak 80 KK. “1.300 KK di lima dusun itu yang terisolir,” ujarnya.

Pihaknya juga mendesak pemerintah secepatnya membangun jembatan permanen.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Lobar, Mahnan, S.STP., mengatakan jembatan putus itu telah ditetapkan akibat bencana oleh Pemda Lobar. Itu menjadi dasar Pemprov NTB untuk menindaklanjuti. “Itu sudah kami lakukan. Dan Pemprov merespons dengan membangun, meski sebatas jembatan darurat,”ujarnya.

Pihaknya bersama Pemprov sepakati menyatakan itu sebagai status tanggap darurat dan rusak akibat bencana. “Dan itu butuh penanganan segera, karena itu satu-satunya akses masyarakat,” ujarnya. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional