Jelang Puasa, Harga Beberapa Bahan Pangan Naik

Mataram (Suara NTB) – Menjelang bulan puasa, harga beberapa bahan pangan mulai naik di pasar-pasar tradisional di Kota Mataram. Berdasarkan pantauan Dinas Perdagangan Kota Mataram, harga bahan pangan yang naik di antaranya jenis bumbu dapur yaitu bawang merah dan bawang putih.

Kendati mengalami kenaikan, namun disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, Lalu Alwan Basri, S.Pi, kenaikannya tidak terlalu signifikan.

Iklan

Harga bawang merah normalnya Rp 30 ribu per kilogram, tapi sekarang naik sedikit menjadi Rp 30.500-Rp 31 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih naik menjadi Rp 45 ribu per kilogram yang sebelumnya hanya Rp 40 ribu.

“Naiknya cuma Rp 2 ribu, Rp 1.000,” sebutnya, Selasa, 16 Mei 2017. Untuk cabai yang sebelumnya harganya meroket, kini normal dalam kisaran Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu per kilogram.

Selain bawang merah dan bawang putih, daging ayam juga mengalami lonjakan harga. “Itu saja yang naik. Kalau beras masih normal, masih di angka Rp 8 ribu sampai Rp 10 ribu,” jelasnya. Sedangkan untuk daging sapi, ia mengatakan harganya masih normal sekitar Rp 80 ribu sampai Rp 90 ribu per kilogram.

Kenaikan ini menurut Alwan mengikuti mekanisme hukum pasar. Kendati demikian pihaknya tetap memantau agar memasuki bulan puasa nanti tidak terjadi lonjakan harga yang cukup tinggi.

“Ini sudah kita pantau terus. Pergerakannya sedikit, tidak melonjak. Jadi karena ada permintaan ya harganya dari hari ke hari semakin bertambah. Permintaan banyak akhirnya harganya dinaikkan sedikit,” jelasnya.

Fenomena kenaikan harga bahan pangan menjelang puasa menurutnya selalu terjadi tiap tahun. Pasalnya permintaan cukup tinggi karena biasanya konsumen membeli dalam jumlah banyak untuk persiapan Ramadan.

“Sebenarnya harga ini sama. Tapi karena permintaan yang banyak maka harganya naik. Hukum ekonomi berlaku,” jelasnya. (ynt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here