Jelang PON, Atlet Kempo dan Tarung Derajat Matangkan Kesiapan

Mataram (suarantb.com) – Atlet cabang olahraga (cabor) tarung derajat dan kempo mematangkan persiapan menjelang pelaksanaan PON pada September mendatang. Pelatih tarung derajat, Imran kepada suarantb.com menyampaikan saat ini persiapan atletnya semakin matang. Pasalnya latihan telah dilakukan sejak 2014 lalu.

Pada 2014 lalu, ia melatih 12 atlet dan saat ini atlet yang lolos ke PON sebanyak 10 orang; empat atlet perempuan dan enam atlet laki-laki. “Jadi, sekarang ini bisa dibilang kami sudah sangat siap untuk PON. Selama latihan persiapan PON ini, kami tidak ada kendala berarti. Atlet-atlet juga sangat kooperatif selama latihan,”jelas Yong, sapaan akrabnya, Jumat, 15 Juli 2016.

Iklan

Yong menyampaikan 10 atlet tarung derajat ini berada di bawah bimbingan tiga pelatih. Disebutkan juga beberapa atlet yang mewakili NTB dalam tim tarung derajat ini diantaranya Novi Jayanti, Ririn Sulastri dan Lina Septiana.
Novi pernah mengikuti Kejurnas 2013 meraih medali emas dan PON 2012 medali perunggu. Ririn pernah mengikuti Pra PON dan Porprov 2014. Sedangkan Lina Septiana pernah mengikuti Kejurnas 2015 meraih medali perunggu, dan meraih emas pada Porprov 2014.

Sementara itu, salah seorang pelatih tim kempo, Agus Suharyan menyampaikan persiapan timnya telah mencapai 80 persen. “Saat ini kami sudah masuk persiapan pra PON. Jadi latihannya dikondisikan seperti situasi latihan sebenarnya,” jelasnya.

Agus menyampaikan dalam sehari ada dua kali jadwal latihan yaitu pagi dan sore. Pada pagi hari dilakukan latihan tanding dan evaluasi pada sore hari. “Kira-kira apa yang perlu dilatih kembali, diperbagus begitu,” ujarnya.
Menurutnya selama proses latihan tidak ada kendala yang berarti. Hanya saja, atlet kadang merasa kecapekan dan kurang istirahat. Namun, hal ini bisa diatasi karena pihak KONI dan tim kesehatan sangat membantu. Tim Kempo sendiri terdiri dari tujuh atlet, tiga wanita dan empat laki-laki.

Salah seorang atlet Kempo, Yulia Prayanti menyatakan kesiapannya menyambut PON. Sebelum PON, Yulia sendiri pernah mengikuti beberapa kejuaraan, diantaranya Kejurnas 2013, Kejuaraan Internasional 2014 meraih emas dan Piala Walikota Surabaya 2015. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here