Jelang Nataru, Stok Bapok Aman

Samsul. (Suara NTB/jun)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Mataram, memprediksi stok kebutuhan Bahan Pokok (Bapok) selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) aman. Hal itu berkenaan dengan rencana Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level III secara nasional.

Sekretaris Disdag Kota Mataram, Samsul kepada wartawan menyampaikan, penetapan PPKM level III tentu berdampak terhadap tingkat kunjungan ke daerah wisata seperti Mataram.

Iklan

Karenanya, kebutuhan akan bahan pangan tersebut praktis berkurang. “Tidak seperti sebelum Covid-19, orang datang berlibur cukup tinggi. Saya tidak bisa memastikan stok ini aman, tapi kita prediksi terpenuhi,” ungkapnya.

Dengan stabilnya tingkat kebutuhan masyarakat akan bahan pokok selama Nataru, Samsul menyakinkan bahwa kecil kemungkinan terjadi gejolak harga di pasaran.

Namun mengingat sekarang tengah menghadapi curah hujan ekstrem, ada potensi harga komoditi pertanian seperti cabai dan bawang merah meningkat. “Itupun kalau permintaan cukup tinggi. Karena pada situasi normal natal dan tahun baru kunjungan cukup tinggi, lain halnya saat Covid-19 memang sepi, tapi kita melihat sekarang perekonomian sudah mulai hidup di Mataram,” jelasnya.

Sejauh pantauan yang dilakukan jajaran sebulan terakhir di lapangan, baru harga minyak goreng yang mengalami kenaikan, yang mana dari kisaran Rp15 ribu/Kg menjadi Rp19 ribu/Kg. Sementara telur baik produksi lokal maupun luar daerah justru turun awal bulan kemarin.

Terhadap persoalan itu khususnya kenaikan harga minyak curah, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Pemprov NTB untuk mencari jalan keluar. “Karena Mataram ini jadi pusat dari perdagangan-perdagangan. Kami terus memonitor baik di pengecer maupun distributor,” tandasnya. (jun)

Advertisement