Jelang Musim Hujan, Perbaikan Drainase di Kota Bima Dikebut

Kota Bima (Suara NTB) – Menjelang musim hujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bima terus menggenjot penataan dan perbaikan drainase di beberapa titik atau wilayah, di Kota Bima.

Kepala Dinas PUPR Kota Bima, M. Amin, mengaku, proses pengerjaan atau penataannya terus dilakukan. Sehingga ketika turun hujan, aliran air dapat mengalir dengan lancar. “Yang jelas, selesai kontrak kerjanya sampai akhir bulan Oktober mendatang,” kata Amin kepada Suara NTB.

Iklan

Menurutnya, kegiatan drainase yang tengah diperbaiki dan ditata hingga saat ini tersebar di beberapa titik atau wilayah yang tercatat ada sepanjang 2,2 kilometer. Yang diperbaiki merupakan drainase yang rusak dan tersumbat pasca banjir tahun 2016 lalu.

“Untuk rincian besaran anggaran yang digunakan tidak kami tahu. Tapi yang jelas anggarannya dari APBN,” katanya.

Amin mengatakan, pasca Kota Bima diterjang banjir, tidak hanya drainase saja yang terus diperbaiki. Normalisasi sungai dan memperkuat tebing sungai hingga saat ini pun tengah dan masih dikerjakan. “Anggaran untuk normalisasi ada sekitar Rp 20 miliar dan saat ini masih dikerjakan pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi NTB,” ujarnya.

Ia menambahkan, tidak hanya drainase dan normalisasi sungai yang dioptimalkan. Namun perbaikan sarana dan infrastruktur pendukung pasca banjir dan untuk mengantisipasi banjir juga masih dikerjakan.

“Yang jelas tidak hanya fokus dua item ini saja. Hal-hal yang memicu terjadinya banjir juga kita perbaiki,” terangnya.

Pantauan Suara NTB, beberapa titik atau wilayah perbaikan drainase hingga saat ini. Seperti di jalan protokol, Soekarno Hatta, Gajah Mada, Gatot Soebroto Kelurahan Sadia. Tanpa terkecuali drainase yang berada didepan kantor Walikota Bima. (uki)