Jelang MotoGP, Personel Polres Loteng Dibekali Kemampuan Bahasa Asing

0
Personel Polres Loteng sedang kursus bahasa asing untuk mempersiapkan diri jelang MotoGP. (Suara NTB/ist)

GELARAN event MotoGP yang semakin dekat menuntut elemen masyarakat di daerah ini untuk mempersiapkan diri dengan bekal keterampilan yang memadai. Tidak terkecuali aparat kepolisian. Sebagai salah bentuk persiapan menyambut event balap dunia tersebut, mulai bulan Mei ini Polres Lombok Tengah (Loteng) menyelenggarakan kursus khusus bahasa Inggris bagi personelnya.

Untuk instruktur kursus Bahasa Inggris tersebut, Polres Loteng memanfaatkan sumber daya yang dimiliki dengan menugaskan personel Polres Loteng yang punya kemampuan bahasa Inggris yang baik sebagai instruktur. “Awalnya ada 25 instruktur yang kita persiapkan untuk memberikan kursus Bahasa Inggris,” Kapolres Loteng, Esty Setyo Nugroho, SIK., melalui Kabag. Sumda, AKP Nuraini, Sabtu, 1 Mei 2021.

IKLAN

Tapi setelah melalui seleksi, hanya 15 orang yang kemudian ditetapkan sebagai instruktur tingkat mahir. Salah satunya personel Polsek Janapria yang merupakan sarjana bahasa Inggris. Yang nantinya akan memberikan kursus bahasa Inggris sesuai jadwal yang sudah ditentukan. “Jadwal pertemuannya ditetapkan sekali seminggu, setiap hari Kamis. Dengan fokus pada personel yang bertugas di kawasan wisata, daerah penyangga dan sekitarnya,” tambahnya.

Menurutnya, kemampuan bahasa asing utamanya bahasa Inggris sangat penting. Mengingat, Loteng  ke depan akan menjadi daerah tujuan wisatawan mancanegara  dan domestik. Dengan ada event-event wisata kelas dunia. Termasuak event balap MotoGP yang sirkuitnya saat ini tengah dalam proses pembangunan di kawasan The Mandalika.

“Mulai dari sekarang kami siapkan personel agar begitu event MotoGP berlangsung, mereka sudah siap dan mampu berbahasa Inggris, baik personel tingkat polres dan polsek, kita siapkan agar mahir berbahasa Inggris,” paparnya.

Dengan bekal kemampuan bahasa asing tersebut, diharapkan bisa mendukung kerja-kerja aparat kepolisian saat penyelenggaraan event MotoGP mendatang. (kir)