Jelang Idul Adha, Pedagang di Kebon Roek Naikkan Harga Daging

Mataram (suarantb.com) – Menjelang hari raya Idul Adha 1437 H, pedagang daging sapi di Pasar Kebon Roek mulai menaikkan harga. Salah seorang pedagang daging, Sri Hartati mengatakan telah menaikkan harga sejak tiga hari lalu.

Harga daging sapi yang semulanya berkisar pada harga Rp 115.000 per kilogram dinaikkan menjadi Rp 120.000 per kilogram. Menurutnya itu harga normal seperti lebaran-lebaran sebelumnya.

Iklan

“Harga daging sudah naik sejak tiga hari yang lalu. Tapi keadaan sekarang sepi, jarang ada pembeli. Pedagang lain banyak yang nggak jualan,” paparnya Jum’at, 9 September 2016.

Pedagang asal Sekarbela gubuk Mamben ini, juga mengatakan perbedaan kondisi penjualan antara Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha jauh berbeda. Ia memprediksikan para pedagang daging akan sepi pembeli hingga 15 hari setelah Idul Adha.

Sri mengatakan seratusan jagal di Sekarbela, kini hanya mampu memotong satu ekor sapi ukuran kecil saja per hari. Dan dibagi kepada tiga pedagang untuk dijual. Sedangkan saat Idul fitri satu orang pedagang bisa menjual sampai 20 ekor sapi ukuran besar setiap harinya.

“Kami potong sapi kecil satu saja per hari saat lebaran kurban, dan di bagi pada tiga pedagang. Sedangkan pada saat Idul fitri satu orang pedagang bisa menjual 20 ekor sapi besar,” kata Sri.

Kondisi tersebut tidak hanya terjadi pada daging saja. Namun juga tulang, usus, dan kikil, semunya sama termasuk daging ayam. (ism)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here