Jelang 17 Agustus, Sekolah Mulai Bersolek

Guru SDN 42 Mataram gotong royong membuat hiasan sekolah jelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus. (Suara NTB/dys)

Mataram (Suara NTB) – Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2020, sebagian besar warga Indonesia bersiap untuk merayakannya. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, memberikan hiasan 17 Agustus termasuk hal yang dibutuhkan, karena membuat lebih menarik dan indah.

Para siswa di sekolah juga biasanya menyambut HUT RI ini tidak hanya dengan mengikuti upacara tapi juga dengan menghias ruang kelas dengan nuansa kemerdekaan di sekolah masing-masing. Hiasan 17 Agustus yang menarik tidak harus mengeluarkan harga yang mahal, dengan hiasan sederhana juga bisa mempercantik sudut ruangan kelas, seperti dilakukan SDN 42 Mataram.

Iklan

Di tempat ini, kata Kepala SDN 42 Mataram, Johani, memaparkan jelang Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2020, sekolah mulai menghias ruang kelas dengan tema merah putih. Gerbang sekolah juga dihiasi dengan aneka umbul-umbul bernuansa merah putih. Supaya makin menarik, beragam ornamen ditambahkan.

Biasanya pada waktunya normal, tiap siswa mendekorasi dengan berbagai cara dan akan diperlombakan untuk mendapatkan penghargaan terbaik. Namun karena siswa di rumah akibat pandemi, para guru sekolah setempat bergotong royong menghias sekolah.

Meski dalam kondisi tidak normal, akan tetapi upaya untuk memperingati dan merayakan hari kemerdekaan RI ke 75 tahun ini harus terus digelorakan. Jangan sampai karena kondisi tak normal, semangat kemerdekaan tersebut jadi luntur.

Selain itu, yang beda ialah semua ornamen yang dikerjakan dilakukan dengan cara manual. Jika sebagian memanfaatkan mesin cetak dan teknologi, namun khusus untuk pembuatan ornamen hiasan 17 Agustus dilakukan dengan manual seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Hal demikian mengingatkan bagaimana perjuangan para pendahulu negeri ini dalam memperjuangkan bangsa Indonesia dari penjajah.  “Gotong royong seperti dulu,” ujarnya. (dys)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here