Jatah Kartu Prakerja NTB Terbanyak Kedua di Indonesia Timur

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah saat memberikan penjelasan kepada wartawan terkait kegiatan pelatihan untuk penerima kartu prakerja dalam acara yang diadakan di Siwa Cliffs, Kabupaten Lombok Tengah, baru-baru ini.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Berdasarkan data dari Manajemen Pengelola Kartu Prakerja, bahwa NTB menjadi provinsi penerima terbanyak kedua di Kawasan Timur Indonesia, dan provinsi ke-17 secara nasional.

Sementara, Kabupaten Lombok Tengah menerima 71. 553 menjadikan  kabupaten atau kota dengan jumlah penerima Kartu Prakerja terbanyak di Provinsi NTB.

Iklan

Dengan pertimbangan, Lombok Tengah jadi bagian inti dari Destinasi Super Prioritas (DSP) yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo.

Kartu Prakerja. (Suara NTB/ist)

Pada Batch 12 sampai 21 Tahun 2021, persebaran penerima kartu prakerja yang ada yaitu Kabupaten Lombok Tengah terbanyak 38.819 penerima efektif.

Disusul Kabupaten Lombok Timur 32.368, Kabupaten Lombok Barat 19.363, Kota Mataram 12.448, Kabupaten Lombok Utara 8.454, Kabupaten Bima 5.060, Kabupaten Sumbawa 4.650, Dompu 2.564, Kota Bima 1.458 dan Kabupaten Sumbawa Barat 916.

Untuk kategori pelatihan yang diminati di NTB yaitu penjualan dan pelatihan, makanan dan minuman, gaya hidup, teknologi informasi dan manajemen.

Data penerima kartu prakerja untuk Tahun 2021 mengalami peningkatan dari yang sebelumnya pada Tahun 2020 sejumlah 107.130 menjadi 126.100 penerima efektif pada Tahun 2021.

Adapun karakteristik penerima dengan kategori menganggur saat mendaftar 93 persen, belum pernah mengikuti pelatihan 87 persen penyandang disabilitas 1,5 persen dan Purna PMI 11,1 persen.

Adalah Ahmad Nasip seorang penerima manfaat kartu prakerja gelombang ke-9 asal Lombok Tengah. Ia sebelumnya adalah PMI di Malaysia  sebagai pekerja sawit. Sejak mendapat fasilitas program kartu prakerja, ia kemudian ikut pelatihan cara berbisnis online dan cara memahami konten marketing untuk bisnis.

Berkat pelatihan itu, kini ia bersama istrinya telah berhasil membangun usaha kecil2an berupa nasi campur khas sasak, dan ia sendiri juga punya bisnis online. Penghasilan bersih dari usahanya itu, berkisar antara Rp  2,8 juta hingga Rp. 3 juta.

Untuk meningkatkan omzet usahanya Ahmad Nasip kini memanfaatkan fasilitas  KUR prakerja untuk menambah modal kerja sebesar Rp 10 juta melalui BNI.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, I Gde Putu Aryadi sebelumnya menegaskan, ia akan mengawal agar program itu benar benar efektif.

Dalam acara yang diadakan di Siwa Cliffs, Kabupaten Lombok Tengah, Dr. Zul – sapaan Gubernur – menginstruksikan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB bersama stakeholder terkait untuk memobilisasi dan melakukan pendampingan secara masif di tahun 2022.

Sehingga lebih banyak lagi warga NTB yang bisa mengikuti program pelatihan kartu prakerja hingga tuntas. Karena ini dinilainya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi calon tenaga kerja terutama IKM/UKM di NTB.

Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Program Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan.

Warga Indonesia dapat mendaftar Kartu Prakerja jika berstatus sebagai pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Untuk itu, kamu harus memenuhi persyaratan sebagai warga negara Indonesia berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Untuk merespon dampak dari pandemi COVID-19, Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya. (tim)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional