Jaringan Kerap Gangguan, Pencetakan E-KTP di Lotim Lambat

0

Selong (Suara NTB) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lombok Timur (Lotim) mengaku jika saat ini gangguan jaringan kerap terjadi. Sehingga kondisi itu berdampak terhadap lambannya proses pencetakan KTP Elektronik (E-KTP).

Dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 22 Juni 2017, Sekretaris Dinas Dukcapil Lotim, Azis, S.Pd mengatakan, dari jumlah ketersediaan blanko E-KTP sebanyak 20 ribu blanko dan yang sudah digunakan dalam proses pencetakan sebanyak 10 ribu. Sedikitnya E-KTP yang dicetak, menurut Azis, disebabkan sering terjadinya gangguan pada sistem jaringan.

IKLAN

“Baru 10 ribu yang sudah dicetak. Memang masih sedikit karena jaringan yang kerap gangguan,” akunya.

Selain itu, terhambatnya proses percetakan dikarenakan adanya gangguan jaringan, sehingga proses percetakan yang menggunakan lima mesin mengalami keterlambatan. Selain itu, E-KTP yang dicetak merupakan daftar tunggu atau yang sudah melakukan perekaman cukup lama, terutama yang berada di 12 kecamatan untuk diselesaikan terlebih dahulu.

“Yang dicetak itu diutamakan mana masyarakat yang duluan merekam dan masuk dalam daftar siap cetak,” tegasnya.

Adapun untuk yang sudah cetak serta proses pembagiannya sedang berjalan dibagikan dengan menyerahkan KTP ke pemerintah desa (pemdes). Nantinya pemdes akan berkoordinasi dengan masing-masing kepala dusun, sehingga KTP bisa sampai ke tangan masyarakat.

“Hari ini, diserahkan ke desa di wilayah Kecamatan Montong Gading,” jelasnya.

Untuk penambahan blanko sendiri, Azis mengemukakan jika hal tersebut direncanakan akan dilakukan pada tanggal 10 Juli mendatang. Karena saat ini pihaknya sudah melaporkan ke pemerintah pusat yang sudah siap cetak sebanyak 30 ribu lebih.

“Insya Allah bulan depan akan ada penambahan lagi untuk blanko E-KTP ini, saat ini kita sudah lapor sebanyak 30 ribu lebih permintaan KTP yang siap cetak,” ungkapnya. (yon)