Jaringan Internet Terganggu, Seleksi CPNS Lotim Tersendat

Peserta seleksi CPNS menunggu waktu tes dilanjutkan setelah jaringan internet terganggu. (Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) – Jaringan internet yang digunakan dalam proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lombok Timur (Lotim)  di Gedung Computer Assisted Test (CAT)  terputus.  Kondisi ini membuat kegiatan SKD tertunda berjam-jam.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembanga Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lotim, Salmun Rahman saat dikonfirmasi mengatakan, gangguan jaringan itu tak hanya di Lotim. Gangguan serupa terjadi kabupaten lain.

Iklan

Pelasanaan tes hari ke 13 di gedung BKPSDM Lotim ini pada sesi pertama bisa diselesaikan. BKPSDM coba menyambungkan jaringan internet dari Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Lotim. Akan tetapi, setelah sesi pertama jaringan internet Lotim.net ini pun ikut mengalami gangguan.

Sesi pertama sebenarnya dimulai pukul 8.30 Wita dan bisa selesai pukul 10.30 Wita. Namun karena gangguan jaringan membuat proses seleksi mejadi lebih lama. “Syukur, sesi pertama ini masih bisa diselesaikan,” ucap Salmun.

 Semestinya, tambahnya, Senin siang sudah bisa mulai sesi kedua. Akan tetapi belum bisa digelar, karena belum tersambungnya jaringan.

Sekitar pukul 16.00 Wita kemarin, peserta sesi kedua belum bisa ikut tes. Karena jadwal SKD ini sudah ditetapkan, panitia masih berusaha untuk menunggu  dan menggunakan jaringan internet lain. “Kita kerja keras dulu ini, dan harap kan bisa berlanjut,” imbuhnya.

Ditanya apakah nanti berpenngaruh pada hasil tes, Salmun menegaskan jikalau terjadi kesalahan pada jaringan ini, maka bukan kesalahan peserta.

“Disini kan ada orang BKN pasti tahu masalahnya ada pada jaringan. Bukan masalah peserta, jadi tidak mungkin merugikan peserta,” imbuh Salmun.

Terkait jumlah peserta yang mengikuti SKD CPNS sebanyak  1.968 orang. Dari jumlah itu  761 yang memenuhi passing grade ada 1.207 yang tak memenuhi passing grade. “Yang memenuhi passing grade belum tentu lanjut ke SKB, itu nanti akan adaperangkingan. Yang ikut 102 dikali 3 masing-masing formasi,” sebutnya. (rus)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional