Jangan Takut Kasus Positif Meningkat

Hj. Sitti Rohmi Djalilah (Suara NTB/dok)

WAKILl Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., meminta tracing (pelacakan) kontak terus digencarkan untuk mempercepat deteksi Covid-19. Ia menekankan, Pemda jangan takut kasus Covid-19 akan meningkat dengan gencarnya tracing dan testing yang dilakukan petugas di lapangan.

‘’Jadi saya mendorong untuk tracing digencarkan. Ndak usah kaget dengan jumlah positifnya. Yang kaget itu kalau banyak yang meninggal,’’ kata Wagub dikonfirmasi di Kantor Gubernur, pekan kemarin.

Iklan

Wagub mengatakan, peningkatan kasus Covid-19 di NTB belakangan ini karena tracing yang masif dilakukan. Apalagi, sekarang rapid test antigen sudah bisa dilakukan untuk mendiagnostik Covid-19 dan hasilnya dapat diketahui dalam waktu sekitar 10 menit.

‘’Kalaupun ada yang positif, karena tracingnya gencar. Yang penting jangan sampai terjadi kematian. Jadi, kematian itu yang harus kita tekan sebesar-besarnya,’’ ujarnya.

Menurutnya, peningkatan kasus positif Covid-19 adalah wajar dengan dilakukannya tracing yang masif. Semakin cepat ditemukan orang yang terpapar Covid-19, maka semakin cepat dilakukan penanganan. Sehingga akan bisa menekan jumlah kasus kematian.

‘’Kalaupun banyak yang ditemukan positif, itu semua kebanyakan OTG (Orang Tanpa Gejala). Jadi, semakin cepat kita temukan kasus, semakin cepat kita mengisolasi orang yang membawa virus tersebut. Sehingga semakin mudah kita menekan penyebarannya. Itu prinsipnya,’’ tandas Wagub.

Satgas Covid-19 Provinsi NTB mencatat, jumlah masyarakat yang terpapar Covid-19 di NTB hingga Sabtu, 7 Maret 2021 telah mencapai 9.641 orang. Dengan rincian, 8.315 orang sudah sembuh, 400 meninggal dunia dan 926 orang masih positif.

Sementara itu, hasil penelusuran kontak erat ditemukan 4.270 orang masih dikarantina. Dengan rincian, Kota Mataram 351 orang, Lombok Barat 1.408 orang, Lombok Tengah 293 orang, Lombok Utara 43 orang, Lombok Timur 1.341 orang, Sumbawa Barat 43 orang, Sumbawa 22 orang, Dompu 10 orang, Bima 667 orang dan Kota Bima 92 orang. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional