Jangan Ragu Divaksin

Maruli Simanjuntak (Suara NTB/kir)

Pangdam IX Udayana Mayjen. TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., mengingatkan masyarakat di daerah ini untuk tidak ragu untuk divaksin Covid-19. Karena vaksin yang disediakan oleh pemerintah sudah dijamin keamanan dan efektifitasnya. Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga sudah mengeluarkan fatwa bahwa vaksin Covid-19, halal.

‘’Dari sisi keamanan sudah terbukti aman. MUI juga mengatakan bahwa vaksin Covid-19, halal. Jadi apa yang mau diragukan lagi,’’ ujar Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., saat ditemui wartawan, sebelum memulai kunjuungan kerja di NTB di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Selasa, 18 Januari 2021.

Iklan

Diakuinya, saat ini banyak beredar informasi yang tidak jelas terkait keampuhan vaksin Covid-19 di berbagai media sosial (medsos) yang mungkin dibuat oleh orang-orang iseng. Bahwa vaksin Covid-19 tidak aman dan bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Padahal pada kenyataannya tidak benar.

‘’Presiden sudah pakai, perangkat kementerian sudah pakai. Saya pun juga sudah divaksin bersama anggota Forkompinda di wilayah Kodam Udayana, Forkompinda di NTB juga sudah. Nyatanya, tidak ada apa-apa. Kondisi saya baik-baik saja,’’ terangnya.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak percaya dan tidak perlu takut. Mari percaya kepada pemerintah. Jangan percaya pada hoaks. Karena yang menyelenggarakan vaksinasi pemerintah yang mengawasi juga pemerintah. “Contoh awal dulu kita disuntik cacar. Jarumnya gede (besar), yang dimasukkan (dosis)-nya banyak. Jadi ada yang panas dingin dulu,” tuturnya.

Sekarang jarumnya kecil, vaksin yang dimasukkan sedikit hanya beberapa dosisnya. Jadi apalagi yang ditakutkan, karena sangat aman. Kalau kemudian ada yang mengatakan macam-macam, itu kabar tidak jelas.

Maruli menegaskan, vaksinasi merupakan satu-satunya cara untuk mengatasi penyebaran Covid-19 untuk saat ini. Tidak ada pilihan lain. Supaya penyebaran Covid-19 bisa cepat tuntas. Kondisi daerah pun bisa kembali normal. Pariwisata juga bisa kembali tumbuh dan bergerak. Dan, kunci itu semua harus bersama.

“Teman-teman wartawan juga kita harapkan bisa mengkampanyekan yang baik soal vaksinasi ini. Karena ini cara kita untuk mengatasi penyebaran Covid-19 untuk saat ini,” tandas jenderal TNI bintang dua ini. (kir)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional