Jangan Jadikan Covid-19 Akal-akalan Ulur Pemeriksaan

Tomo Sitepu. (Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Satu dari empat tersangka kasus pengadaan benih jagung tahun 2017 belum diperiksa. Yakni Direktur PT SAM Aryanto Prametu yang dua kali batal diperiksa karena alasan yang sama, positif Covid-19. Jaksa menyediakan petugas medis pada panggilan ketiga.

“Harus ada second opinion kalau memang dia sakit Covid-19,” ujar Kepala Kejati NTB Tomo Sitepu dikonfirmasi akhir pekan lalu. Panggilan ketiga untuk Aryanto sudah dilayangkan.

Iklan

Panggilan pemeriksaan ketiga ini nantinya disertai pemantauan medis. Khususnya mengenai tes cepat Covid-19 yang didatangkan dari petugas medis rujukan pemerintah. Untuk menghindari Covid-19 dijadikan akal-akalan menghindari pemeriksaan.

“Kita harus bawa dia ke dokter independen lagi. Kalau orang memang kena positif Corona itu kan cuma 14 hari,” kata Tomo. Sementara Aryanto sudah dua pekan lebih didiagnosa positif Covid-19.

Tiga tersangka lain sudah menghuni sel tahanan sejak Senin, 12 April 2021 setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka. Mereka yakni mantan Kadistanbun Provinsi NTB H Husnul Fauzi, pejabat pembuat komitmen I Wayan Wikanaya, dan Direktur PT WBS Lalu Ikhwan.

Tomo enggan membeberkan materi pemeriksaan. Namun dia memastikan peran para tersangka ini sudah memenuhi unsur perbuatan korupsi. Termasuk unsur merugikan keuangan negaranya. “Temuan BPK itu hanya awal, dari kita kerugiannya kan lebih besar lagi,” bebernya.

Hasil hitungan internal jaksa penyidik Kejati NTB, kerugian negara yang timbul dari dugaan korupsi pengadaan benih jagung ini sebesar Rp15,45 miliar. Total nilai pengadaan pada tahun 2017 ini sebesar Rp48,25 miliar.

PT SAM mendapat penugasan dari Distanbun Provinsi NTB untuk pengadaan 480 ton benih jagung. Dibiayai dengan anggaran Rp17,25 miliar. Sementara PT WBS mendapat kontrak pengadaan 840 ton benih jagung dengan anggaran Rp31 miliar.

Dalam pelaksanaannya, benih yang disalurkan tidak sesuai dengan spesifikasi. Petani yang menerima bantuan merugi karena jagung tidak tumbuh. Di tempat lain benih sudah rusak dan berjamur sebelum bisa ditanam. Benih jagung yang didatangkan ini diduga dioplos dengan jagung konsumsi. (why)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional