Jamin Nasib Atlet, NTB Incar 5 Besar Nasional PON 2024

H. Zulkieflimansyah

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB menjamin nasib atlet  yang meraih medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di masa tuanya. Pahlawan olahraga yang mengharumkan nama NTB di tingkat nasional tersebut akan diupayakan menjadi PNS atau minimal pegawai Pemprov NTB.

“Kita sering baca orang mengelukan para atlet di puncak kejayaannya. Tapi atlet menderita di usia tuanya. Kita tidak ingin atlet NTB seperti itu,” kata Gubernur saat menyambut kedatangan kontingen PON NTB, di halaman Kantor Gubernur, Minggu, 17 Oktober 2021.

Iklan

Gubernur mengatakan dirinya bersama Wakil Gubernur, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengekspresikan kegembiraan terhadap prestasi yang diraih atlet-atlet NTB dengan cara menjamin masa depan mereka. Jangan sampai, kata Gubernur, ada atlet yang pernah mengharumkan nama NTB, menderita di penghujung hidupnya.

“Pastikan, bahwa pahlawan olahraga NTB ini, kalau tidak bisa menjadi PNS. Minimal menjadi pegawai Pemprov NTB,” pinta Gubernur kepada Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, yang juga hadir dalam acara tersebut.

Gubernur menegaskan, bukan hanya atlet peraih medali emas yang perlu mendapatkan apresiasi dari Pemda. Tetapi juga atlet peraih medali perak dan perunggu.

Gubernur yang biasa disapa Bang Zul ini mengatakan prestasi atlet NTB di  PON di Papua, bukan hanya membuat tersenyum Gubernur dan Wakil Gubernur. Tetapi event tersebut sontak membuat masyarakat NTB mulai dari Ampenan sampai Sape bergairah.

Dengan kerja keras atlet, pelatih dan official di PON Papua, NTB kini berada pada peringkat 9 nasional. Dulunya, kata Gubernur, NTB berada pada posisi nomor buncit dalam setiap gelaran event PON.

“Saya berterima kasih ke Ketua Kontingen PON NTB dan KONI. Kita bisa meraih prestasi yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya,” katanya.

Gubernur mengungkapkan dari atlet-atlet yang berhasil meraih medali di PON Papua, ada yang ingin menjadi anggota kepolisian dan TNI. Bang Zul mengatakan sudah berbicara dengan Kapolda dan Danrem 162/WB, bahwa atlet yang berhasil meraih emas akan diprioritaskan jika ingin menjadi anggota TNI/Polri.

Selain memberikan jaminan masa depan kepada atlet peraih medali, Gubernur memastikan pemberian bonus kepada mereka akan diberikan oleh Pemprov NTB pada 28 Oktober mendatang. Selain itu, Gubernur juga akan memberikan tiket gratis menonton Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) bagi 100 lebih atlet yang berjuang membela NTB di PON Papua.

“Mudah-mudahan ini menjadi pemicu PON berikutnya, NTB bukan saja dapat 15 emas. Tetapi mampu menjadi pemain penting, peringkat 5 besar PON berikutnya,” harap Bang Zul. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional