Jam Kerja Selama Ramadhan Dipangkas, Pemkab Lotim Bentuk Tim Pengawas Disiplin ASN

H. M. Juaini Taofik. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Selama bulan Ramadhan, jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) dipangkas. Pemangkasan ini sebagaimana arahan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Bahkan di awal Ramadhan yang jatuh. Selasa, 13 April 2021 hari ini, para ASN dipersilakan pulang lebih awal yaitu pukul 11:00 Wita.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim, Drs. H. M. Juaini Taofik,MAP., mengungkapkan bupati sudah menandatangani surat edaran tentang penetapan jam kerja pada Ramadhan 1442 Hijriyah bagi ASN di lingkungan instansi pemerintah.

Iklan

Untuk lebih khidmatnya pelaksanaan ibadah puasa serta terpeliharanya disiplin kerja atau jam kerja ASN. Maka Pemda Lotim telah mengatur jam kerja bagi pegawai ASN tersebut, di antaranya pada hari pertama bulan Ramadhan, mulai pukul 08.00 Wita-11.00 Wita. Selanjutnya diatur jam kerja dari hari Senin hingga Kamis dari pukul 08:00 Wita sampai 15:45 Wita dengan waktu istirahat pukul 12:00 Wita-12-30 Wita. Sedangkan untuk jam kerja di hari Jumat dimulai pukul 08:00 Wita sampai pukul 13:30 Wita.

Di samping itu, Pemda juga menindaklanjuti surat edaran Gubernur NTB yang intinya perbedaan kondisi pandemi Covid-19 tahun 2020 dengan tahun 2021. Di mana masyarakat diperkenankan oleh pemerintah untuk menjalankan ibadah salat tarawih di bulan Ramadhan, berbuka puasa, kultum dengan menerapkan protokol kesehatan. Inti dari protokol kesehatan ini berupa kapasitas tempat dengan menjamin jarak satu meter dan menggunakan masker.

Khusus untuk buka bersama dan Nuzulul Qur’an diharapkan tidak berbuka puasa beramai-ramai mengingat penyebaran virus Corona rentan melalui makanan. “Silakan buka puasa di rumah masing-masing,” ujarnya mengingatkan.

Begitupun untuk jam kerja ASN tidak ada istirahat, minimal 32,5 jam per minggu sesuai surat edaran Menpan-RB dari normalnya 37 jam. Artinya untuk per minggu itu jam kerja ASN berkurang dari sebanyak 4,5 jam. (yon)

Advertisementfiling laporan pajak ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional