Jalur Sembalun Bumbung Tertimbun Longsor

Akses jalan utama di Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun yang tertutup bebatuan dan lumpur akibat longsor yang terjadi pada Kamis, 29 November 2018. ((Suara NTB/ist_TRC Lotim).

Selong (Suara NTB) – Bencana longsor menimpa wilayah Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Kamis, 28 November 2018, sekitar pukul 12.00 Wita. Longsor dipicu hujan deras yang mengguyur wilayah  di bawah kaki Gunung Rinjani itu. Air hujan selanjutnya menghanyutkan longsoran berupa bebatuan dan lumpur sehingga menutupi badan jalan yang menghubungkan Sembalun – Selong.

Bebatuan berukuran besar yang menutupi jalan menyebabkan arus lalu lintas sempat macet. Sejauh ini, belum ditemukan adanya korban jiwa dan luka-luka akibat bencana longsor.

Iklan

Dikonfirmasi sore kemarin, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lotim, Purnama Hadi, mengungkapkan bahwa bencana longsor yang terjadi hanya menimbun jalur utama dan jembatan  di Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun. ‘’Jadi tanah longsor hanya menimbun jembatan yang ada di Sembalun Bumbung,’’jelasnya.

Selain longsor, akibat hujan lebat juga menyebabkan tumbangnya pohon di beberapa titik di Desa Sebau. Tim evakuasi langsung bergerak ke lokasi tumbangnya pepohonan mengingat wilayah Kecamatan Sembalun.

Sementara Kapolsek Sembalun Iptu. I Made Sutama mengatakan longsor yang terjadi menyebabkan arus lalu lintas sempat macet. Namun atas kerjasama semua pihak, tanah dan bebatuan yang semula menutupi badan jalan berhasil disingkirkan dan pukul 15.00 Wita arus lalu lintas kembali lancar. ‘’Tidak ada kerusakan yang cukup fatal dan tidak ada korban jiwa. Hanya arus lalu lintas yang sempat macet,’’ katanya. (yon)

  Hujan Tak Kunjung Reda, Dua Kecamatan di Lombok Dilanda Banjir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here