Jalur Penerimaan Mandiri, Unram Tawarkan 48 Program Studi SI dan Diploma III

Suasana tes UTBK Unram yang digelar beberapa waktu lalu. Untuk mengakomodir calon mahasiswa yang tidak lulus, Unram membuka pendaftaran mahasiswa baru lewat jalur mandiri. (Suara NTB/dys)

Mataram (Suara NTB) – Universitas Mataram (Unram) mulai membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru jalur tes mandiri. Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tes Mandiri dilakukan secara online pada 13 – 31 Juli 2020. Sementara pelaksanaan ujian dijadwalkan berlangsung pada 10 -13 Agustus 2020. Pendaftaran seleksi mandiri dilakukan melalui laman website yang disediakan Unram.

Tahun ini, Unram menawarkan sebanyak 48 Program Studi (Prodi) jenjang Sarjana (SI) dan Diploma III. Sebanyak 38 prodi berada di jenjang SI, sedangkan 10 prodi lainnya berada di jenjang Diploma III. Program Vokasi KLU dan Bima juga masuk dalam 10 prodi yang ditawarkan untuk jenjang Diploma III.

Iklan

Wakil Rektor Bidang Akademik Unram (WR I Unram) Agusdin, SE., MBA., DBA., menyebut khusus bagi pendaftar yang memilih program studi S1 Pendidikan Dokter harus lulusan SMA/MA jurusan IPA. Hal tersebut juga berlaku pada beberapa prodi tertentu yang menyaratkan jurusan IPA saat SMA/MA.

Lebih jauh Agusdin mengatakan pendaftar peserta yang berasal dari SMA/MA/SMK jurusan IPA dapat memilih kelompok Prodi SAINTEK maupun SOSHUM. Sementara pendaftar yang berasal dari SMA/MA/SMK jurusan IPS/Bahasa/jurusan lainnya hanya dapat memilih kelompok prodi Soshum.

Sementara, persyaratan untuk pendaftar pada program S1 dan Diploma III maupun program Vokasi Lombok Utara dan Vokasi Bima, ialah siswa SMA sederajat yang telah lulus tahun 2018, 2019 dan 2020.

Menurutnya, ujian tes mandiri akan dilaksanakan hanya menggunakan satu jenis soal yaitu Tes Bidang Studi Dasar meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika Dasar. Adapun pengumuman kelulusannya dijadwalkan tanggal 30 Agustus 2020.

Persyaratan lainnya tahun ini ialah para peserta harus mengisi dan menandatangani surat pernyataan kesanggupan membayar biaya uang pangkal dan biaya pendidikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada saat mendaftar ulang apabila telah dinyatakan lulus Seleksi Mandiri. (dys)

  Implementasi Konsep Kampus Merdeka, Dekan di Unram Masih Bingung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here