Jalur LIA-KEK “Dikeroyok” Tiga Kontraktor

Pengerjaan sirkuit Mandalika, di Lombok Tengah. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kementerian PUPR sedang melakukan tender pembangunan by-pass Lombok International Airport (LIA)-KEK Mandalika. Pembangunan jalan by-pass sepanjang 17 km tersebut akan mulai konstruksi paling lambat April mendatang dan ditargetkan rampung pada Juni 2021.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR NTB, Ir. H. Sahdan, MT menjelaskan pengerjaan proyek strategis nasional untuk mendukung MotoGP 2021 ini akan dikeroyok tiga kontraktor atau dibagi menjadi tiga paket. Masing-masing paket panjangnya berbeda sesuai ruas jalan yang akan dibangun.

Iklan

“Semula lima paket, kemudian empat, terakhir dibagi menjadi  tiga paket. Insya Allah bisa selesai tepat waktu. Targetnya Juni 2021 harus clear (selesai dibangun),” kata Sahdan dikonfirmasi Suara NTB, Senin, 10 Februari 2020.

Berdasarkan laman lpse.pu.go.id, ketiga paket proyek pembangunan jalan  by-pass LIA-KEK Mandalika masih dalam proses lelang. Paket 1 dialokasikan anggaran dari APBN dengan pagu Rp238,569 miliar lebih, Paket 2 sebesar Rp394,815 miliar dan paket 3 sebesar Rp180,555 miliar lebih. Sedangkan untuk paket pengawasan teknik pembangunan jalan by-pass LIA-KEK Mandalika dialokasikan anggaran dengan pagu Rp9,376 miliar lebih.

Sahdan mengatakan, konstruksi pembangunan jalan by-pass ini paling lambat akan mulai dikerjakan April mendatang dan paling cepat Maret. Karena proses lelang membutuhkan waktu, ada saja dokumen yang diperbaiki kaitan dengan perencanaan. Sehingga hal itulah yang kadang-kadang membuat jadwal menjadi molor dari rencana awal.

Apalagi, kata Sahdan, dana untuk pembangunan jalan by-pass LIA-KEK Mandalika merupakan bantuan dari bank dunia. Sehingga proses tender juga lebih ketat, mengacu pada standar internasional.

Terkait dengan pembebasan lahan, Sahdan mengatakan ada yang masih belum tuntas. Terutama lahan milik PT. Angkasa Pura I LIA dan ITDC. Lahan milik BUMN itu juga ada yang terkena dampak pembangunan jalan by-pass LIA-KEK Mandalika. Kemudian, ada juga beberapa warga yang menolak, tetapi uangnya dititipkan di pengadilan.

Gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika sesuai rencana akan dilaksanakan sekitar bulan Oktober-November 2021. Sehingga, ia optimis proyek pembangunan jalan by-pass LIA-KEK Mandalika akan rampung sebelum pelaksanaan balap motor internasional tersebut yakni pada Juni 2021. Jalan penghubung dari bandara ke Sirkuit Mandalika ini panjangnya sekitar 17 km. Rencananya akan dibangun jalan empat jalur dan delapan lajur. (nas)