Jalani Tes Swab, Bupati Lotim Terkonfirmasi Positif Virus Corona

Kepala Dikes Lotim, dr. H. M. Hasbi Santosa, M.Kes didampingi, Sekda Lotim, Drs. H. M. Juaini Taofik,MAP dan Direktur RSUD dr. R. Soedjono Selong, dr. Tantowi Jauhari, menggelar konferensi pers terkait Bupati Lotim, H. Sukiman Azmy, terkonfirmasi Covid-19 Pendopo Bupati, Selasa, 22 September 2020 malam. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Bupati Lombok Timur (Lotim), Drs. H. M. Sukiman Azmy.,MM dinyatakan terkonfirmasi virus Corona (Covid-19). Hal ini dipastikan setelah bupati menjalani tes swab di RSUD dr. R. Soedjono Selong dan keluar hasilnya pada, Senin, 21 September 2020 siang lalu.

Kepastian bupati terkonfirmasi Covid-19 disampaikan langsung, Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Lotim, dr. H. M. Hasbi Santosa, M.Kes didampingi, Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim, Drs. H. M. Juaini Taofik,MAP dan Direktur RSUD dr. R. Soedjono Selong, dr. Tantowi Jauhari, dalam konferensi pers yang digelar di Pendopo Bupati, Selasa, 22 September 2020.

Iklan

Kepala Dikes Lotim, dr. H. M. Hasbi Santosa menyampaikan bahwa kondisi kesehatan bupati saat ini dalam keadaan baik dan saat ini melakukan isolasi mandiri di Pendopo setelah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Bupati terpapar virus Corona karena beberapa hari belakangan ini mobilitasnya cukup tinggi dengan melakukan perjalanan ke luar daerah dengan menghadiri pertemuan ke Sibolga, Provinsi Sumatera Utara dan Jakarta.

Disinggung terkait hubungannya dengan kunjungan Menteri Agama (Menag) RI, Fachrur Razi, yang berkunjung ke NTB dan dinyatakan terkonfirmasi Covid-19. Hasbi memastikan tidak ada hubungannya atau kaitan langsung berdasarkan kroscek yang dilakukan oleh tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Lotim.

Terkonfirmasinya Bupati Lotim Covid-19, tim gugus tugas saat ini melakukan pelacakan kontak dan swab terhadap pegawai di lingkungan Pendopo Bupati yang hasilnya masih dalam proses sebanyak 8 orang. Di samping itu, pemeriksaan juga dilakukan kepada Wakil Bupati Lotim, H. Rumaksi Sjamsuddin,SH dikarenakan memiliki risiko terpapar selaku pendamping bupati.

“Hasil swab dari wakil bupati pukul 17: 30 wita dengan hasil negatif,” ujarnya.

Direktur RSUD dr. R. Soedjono Selong, dr. M. Hasbi Santosa, menyampaikan Bupati Lotim terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab yang dilakukan satu kali. Saat ini bupati melakukan isolasi mandiri dan dalam pengawasan tim kesehatan.

Sekda Lotim, Drs. H. Juaini Taofik,MAP, menegaskan bahwa terkonfirmasinya bupati Covid-19 menjadi bukti nyata bahwa ancaman virus Corona masih ada di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam beraktifitas sehari-hari atau 3M. “Mari kita tetap waspada. Ancama virus Corona ada di tengah-tengah kita,” pesan Sekda. (yon)