Jalan Menuju Desa Mantar Butuh Perbaikan Segera

0
Jalan menuju desa Mantar, kecamatan Poto Tano yang mengalami kerusakan akibat digerus air hujan beberapa waktu lalu.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Kerusakan jalan menuju desa Mantar, kecamatan Poto Tano akibat digerus air saat hujan turun beberapa waktu lalu butuh segera diperbaiki.

Camat Poto Tano, Agusman menjelaskan, perbaikan jalan menuju desa berjuluk ‘negeri di atas awal’ itu sangat mendesak. Pasalnya warga sangat mengadalkannya sebagai akses utama dari dan menuju desa mereka ke wilayah sekitarnya. “Memang ada dua jalan ke Mantar. Selain dari Kelanir ini yang rusak. Ada juga dari desa Kiantar. Tapi yang rusak itu paling bagus karena sudah hotmix,” terangnya, Kamis, 18 Maret 2021.

IKLAN

Titik jalan yang rusak itu tepatnya berada di dusun Omal Sapa. Agusman menuturkan, karena terus digerus air saat hujan, badan jalan mulai mengalami patah. “Ada gorong-gorong yang menjadi jalur air. Itu yang dikikis air selama hujan awal tahun ini. Itu yang kemudian membuat badan jalan amblas hingga mau patah,” urainya.

Sebenarnya kata dia, pemerintah desa Mantar bersama pihaknya telah melaporkan ke Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPRPP) untuk segera diperbaiki. Termasuk juga ke Dinas Lingkungam Hidup (DLH) setempat karena kuat dugaan derasnya aliran air yang menerpa jalan saat hujan diakibatkan gundulnya hutan akibat maraknya pemanfaatan lahan oleh warga untuk berlandang liar. “Tapi sampai sekarang dinas PU sepertinya belum turun juga melakukan perbaikan,” ungkapnya sersya menambahkan saat ini warga Mantar sangat berharap jalan menuju desanya itu aman dlilalui.

“Sekarang kan petani di Mantar siap-siap panen. Mereka khawatir sulit membawa hasil panennya turun menggunakan kendaraan (truk) dengan kondisi jalan rusak seperti itu,” demikian Agusman menambahkan.(bug)